nusabali

Tiga Desa Dapat Bantuan SPAM Kementerian PUPR

  • www.nusabali.com-tiga-desa-dapat-bantuan-spam-kementerian-pupr

BANGLI, NusaBali
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berikan bantuan penyediaan air bersih untuk tiga desa di Kabupaten Bangli. Bantuan berupa sistem penyediaan air minum (SPAM) tersebut sudah memasuki tahap tender.

Ketiga desa penerima bantuan SPAM yakni Desa Katung, Desa Sukawana, dan Desa Siakin, Kecamatan Kintamani. Program ini bertujuan membangun dan memperluas penyediaan air minum kepada masyarakat.


Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli, Ketut Suardana mengatakan, masing-masing desa mendapatkan anggaran berbeda sesuai kondisi di lapangan. “Kalau instalasi perpipaan yang panjang tentu biayanya lebih tinggi,” ungkap Ketut Suardana, Minggu (20/6). Anggaran yang dikucurkan untuk Desa Katung sebesar Rp 1 miliar, Desa Sukawana Rp 1,5 miliar, dan Desa Siakin Rp 1,5 miliar lebih.

Program SPAM ini menyasar desa-desa yang telah memiliki jaringan air bersih lewat program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas). “Program ini berdasarkan usulan dari desa dan kami sebatas memfasilitasi, yang menetukan berdasarkan kajian dari pusat,” terangnya. Menurut Ketut Suardana, masih ada beberapa desa yang perlu perluasan akses terutama daerah yang masuk rawan krisis air. "Masalah air sangat kompleks sehingga kami akan terus memperjuangkan ke pusat. Harapannya kebutuhan air masyarakat terpenuhi” harapnya. *esa

Komentar