nusabali

BRSU Tabanan Layani Vaksinasi 230 – 250/Hari

  • www.nusabali.com-brsu-tabanan-layani-vaksinasi-230-250hari

TABANAN, NusaBali
BRSU Tabanan melayani vaksinasi Covid-19 rata-rata 250 warga/hari.

Vaksinasi ini serangkaian program percepatan vaksinasi oleh Pemkab Tabanan, melalui Satgas Penanganan Covid-19 Tabanan.

Dihubungi, Minggu (21/6), Direktur Umum BRSU Tabanan dr Nyoman Susila mengatakan, vaksinasi di rumah sakit tiap hari, Senin – Sabtu.

Vasinasi tiap hari ini sesuai Perpres Nomor 14 tahun 2021 tentang pengadaaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penaggulangan Covid-19 di Indonesia. Kata dia,  sosialisasi telah dilakukan ke seluruh perbekel di Tabanan, untuk selanjutnya disampaikan ke Masyarakat. Tujuannya, agar lebih cepat mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

dr Susila menyampaikan antusias masyarakat yang datang ke rumah sakit untuk melaksanakan vaksinasi sangat tinggi. Terbukti dalam sehari, RS ini melayani rata-rata 250 orang/hari. ‘’Angka ini sesuai kuota yang telah kami siapkan,” katanya.

dr Susila menjelaskan, layanan vaksinasi di rumah sakit Tabanan ini menyasar warga yang ingin segera mendapat vaksinasi. Warga dipersilahkan datang ke BRSU Tabanan, dilayani setiap har,i Senin - Sabtu, sesuai jam kerja yakni pukul 08.00 – 12.00 Wita. Pembatasan jam layanan ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan. "Jadi siapa saja boleh datang untuk dapat layanan vaksinasi yang penting sasaran di atas 18 tahun dan beridentitas KTP. Sebelum vaksinasi tentunya akan dilakukan screening," katanya.

Jelas dia, mmasyarakat yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi di RSUD Tabanan, harus membawa KTP dan nomor handphone aktif. Karena mereka atau sasaran vaksinasi akan didaftarkan by sistem di rumah sakit untuk mendapatkan undangan vaksinasi tahap II. ‘’Jadi kalau vaksinasi tahap I dilayani di RS Tabanan, maka tahap II juga dilayani di tempat yang sama, tidak bisa pindah ke tempat lain," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika menyebutkan, hingga Senin (14/6), vaksinasi di Tabanan mencapai 50,92 persen dengan capaian vaksinasi 7.000 – 8.000 orang/hari. Dia mengaku, proses percepatan vaksinasi ini juga berkat dukungan dan bantuan sejumlah instansi kesehatan lainnya. Seperti Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dan petugas kesehatan dari Polda Bali maupun Kodam IX/Udayana. "Target sasaran vaksinasi tahap I untuk Tabanan total 323.141 orang. Saya yakin sebelum akhir Juli 2021, sudah rampung vaksinasi tahap I," tandasnya. *des

Komentar