nusabali

Kawasan Pasar Gianyar Dihiasi Tanaman Bonsai

  • www.nusabali.com-kawasan-pasar-gianyar-dihiasi-tanaman-bonsai

GIANYAR, NusaBali
Tanaman bonsai bernilai belasan juta rupiah per pohon ditanam berjejer di jalan, utara jalan utama Kota Gianyar, tepatnya, di depan Pasar Umum Gianyar atau eks Pasar Sengol.

Bonsai yang khusus didatangkan dari Sidoarjo, Jawa Timur ini, mencuri perhatian masyarakat. Karena di tengah pandemi yang mengakibatkan krisis anggaran, Pemkab Gianyar masih bisa menghias kawasan pasar umum dengan pohon atau tanaman mahal.

Pantauan di lokasi, ada 9 bonsai menghias lokasi bekas Pasar Sengol itu. Informasi setempat, satu tanaman tersebut seharga sekitar Rp 19 juta. "Katanya untuk satu pohon harganya Rp 19 juta, kemarin (Sabtu) saya dengar langsung dari Pak Bupati (Bupati I Made Agus Mahayastra) saat penanamannya," ujar salah seorang tukang parkir di kawasan tersebut, Minggu (20/6).

Pantauan di lokasi, keberadaan bonsai kategori bonsai taman tersebut, menjadi perhatian pengguna jalan. Dimana banyak pengendara yang mengurangi laju kendaraan untuk memperhatikan pohon kerdil tersebut.

Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra mengatakan, pohon tersebut telah tiba dan langsung ditanam pada Sabtu (19/6). Meskipun harus menempuh perjalanan dari Sidoarjo, Jawa Timur, namun kondisi pohon tersebut sesuai yang diharapkan. "Kemarin tiba, langsung ditanam," ujarnya. Saat itu, Bupati langsung memimpin proses penanaman itu.

Terkait perawatannya nanti, Bupati mengaku akan menyerahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum Gianyar, yang juga membidangi pertamanan. Sebab, kata dia, karena tanaman ini berjenis bonsai taman sehingga tidak membutuhkan perawatan spesifik seperti bonsai yang dilombakan dalam pameran bonsai. "Perawatannya tidak seperti bonsai di pot yang harus ekstra. Karena ini jenis bonsai taman, jadi untuk perawatannya akan dilakukan oleh Dinas PU," ujarnya. *nvi

Komentar