nusabali

150 Orang Antusias Ikuti Kegiatan Yoga

Peringati IDY atau Hari Yoga Internasional

  • www.nusabali.com-150-orang-antusias-ikuti-kegiatan-yoga

MANGUPURA, NusaBali
Memperingati Internasional Day of Yoga (IDY) atau Hari Yoga Internasional, Konsulat Jendral India bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), menggelar kegiatan yoga di Pulau Nusa Dharma, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Minggu (20/6) pagi.

Kegiatan yoga tersebut diikuti sebanyak 150 peserta dari berbagai elemen masyarakat. Konsulat Jenderal India di Bali Prakash Chand, mengatakan Hari Yoga Internasional merupakan sebuah inisiatif Perdana Menteri India Narendra Modi. Dalam pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 27 September 2014, mendukung manfaat yoga dan mengusulkan penetapan Hari Yoga Internasional. India yang didukung oleh 177 negara, termasuk Indonesia, mengangkat sebuah resolusi untuk menetapkan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional dan pada tanggal 11 Desember 2014, resolusi tersebut dikeluarkan oleh Majelis Umum PBB dengan dukungan 193 negara.

“Selama enam tahun terakhir Konsulat Jenderal India di Bali, bekerja sama dengan komunitas yoga yang berbasis di Bali, telah menyelenggarakan IDY dengan tujuan yang lebih luas, yaitu mempromosikan kesehatan, kebahagiaan, keharmonisan, dan perdamaian melalui yoga,” kata Prakash Chand.

Masih menurut Prakash Chand, dengan dukungan Pemerintah Indonesia, perayaan Hari Yoga Internasional telah diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia, dengan menggunakan ikon-ikon penting sebagai latar belakang yang indah untuk acara tersebut. Beberapa kota seperti Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, hingga Makassar telah menyelenggarakan perayaan Hari Yoga Internasional sebelumnya. Bali sendiri telah menjadi tuan rumah Hari Yoga Internasional, yang telah diikuti lebih dari 2.000 peserta setiap tahunnya.

Prakash Chand juga menyoroti pentingnya yoga dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi di tengah kondisi wabah global saat ini.

Di sisi lain, Prakash Chand juga mengucapkan terima kasih kepada The Nusa Dua dan Yog Mantra Bali atas dukungan dan kerja sama yang telah diberikan kepada pihak konsulat dalam menyelenggarakan Hari Yoga Internasional di tengah pandemi Covid-19 ini, sehingga acara tetap dapat terselenggara dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Sementara, Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, mengatakan dalam upaya memperkenalkan dan mengembangkan Pulau Nusa Dharma, The Nusa Dua sebagai Pulau Yoga dan Meditasi, dia sangat mendukung pelaksanaan kegiatan yoga yang digagas oleh Konsulat Jenderal India di Bali. Ardita berharap ke depannya Pulau Nusa Dharma dapat dikenal sebagai kawasan kegiatan yoga dan meditasi yang nantinya akan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Nusa Dua, khususnya dalam meningkatkan kunjungan Wellness Tourism.

“Tentu harapan kita setelah kegiatan ini, masyarakat luas mengenal Nusa Dharma ini sebagai pulau yang memang didedikasikan untuk kegiatan meditasi atau yoga,” kata Ardita. *dar

Komentar