nusabali

Karangasem Loloskan 62 Siswa ke KSN Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-karangasem-loloskan-62-siswa-ke-ksn-provinsi-bali

AMLAPURA, NusaBali
Karangasem meloloskan 62 siswa SMA dan MA ke Kompetensi Sains Nasional  (KSN) Tingkat Provinsi Bali 2021.

Sebanyak 62 siswa yang lolos, setelah sebelumnya ambil bagian dalam seleksi tingkat Kabupaten Karangasem, 3-4 Juni. SMAN 2 Amlapura mendominasi meloloskan siswanya ke KSN Tingkat Provinsi, sebanyak 18 siswa. Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA Negeri Karangasem Wayan Sugiana memaparkan hal itu di Amlapura, Minggu (20/6).

Disebutkan, lomba KSN Provinsi Bali yang rencananya digelar 2-7 Agustus, dan KSN Nasional, 6-11 September. "Siswa yang lolos ke KSN Tingkat Provinsi Bali itu, yang nilainya masuk passing grade. Sehingga tiap mata pelajaran, jumlahnya yang lolos tidak sama," jelas Wayan Sugiana, yang juga Kasek SMAN 2 Amlapura.

Wayan Sugiana mengatakan, dari sembilan mata pelajaran yang dilombakan, masing-masing yang lolos ke KSN Tingkat Provinsi Bali: Astronomi sebanyak 10 siswa, Kebumian sebanyak 10 siswa, Geografi sebanyak 10 siswa, Biologi sebanyak 8 siswa, Informatika sebanyak 8 siswa, Ekonomi sebanyak 6 siswa, Fisika sebanyak 6 siswa, Kimia sebanyak 2 siswa, dan Matematika sebanyak 2 siswa.

“Terbanyak yang meloloskan peserta adalah SMAN 2 Amlapura sebanyak 18 siswa, disusul Madrasah Aliah Negeri Karangasem sebanyak 8 siswa, SMAN 1 Amlapura sebanyak 4 siswa, dan yang lainnya,” lanjutnya.

Lomba KSN Tingkat Kabupaten Karangasem yang diselenggarakan sebelumnya diikuti, 19 sekolah yang mendaftar, hanya saja tidak semua sekolah mengikuti semua nomor lomba. SMA Negeri Abang katanya yang numpang ikut Lomba KSN di SMAN 2 Amlapura, mengingat SMAN Abang belum punya fasilitas, gedungnya baru berdiri.

SMAN Abang hanya ambil bagian di dua mata pelajaran, Biologi dan Kebumian, masing-masing menyertakan 3 siswa. Sebelumnya panitia sudah melakukan sinkronisasi data peserta yang dilakukan 27-28 Mei dilanjutkan  ujicoba Sabtu (29/5) dan kembali melakukan sinkronisasi data Rabu (2/6), dan pelaksanaan hari pertama, Kamis (3/6) untuk mata pelajaran: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika dan Biologi. Lomba hari kedua, Jumat (4/5): Astronomi, Kebumian, Ekonomi dan Geografi.

Ditambahkan, dari 19 sekolah yang ambil bagian, yang meloloskan siswanya berasal dari 15 sekolah, termasuk SMAN Abang yang baru berdiri mampu lolos ke KSN Tingkat Provinsi Bali, di lomba mata pelajaran kebumian melalui Ni Nyoman Erin Sepriyanti.

SMAN 1 Amlapura menurut Kasek I Ketut Marta Ariana harus puas meloloskan 4 siswa, yakni astronomi melalui Komang Pradana Yogi Pramana, mata pelajaran ekonomi melalui Ni Made Anindhya Atma, mata pelajaran Fisika melalui Ida Bagus Yudhi Priyatna, dan mata pelajaran kebumian melalui Ni Kadek Dwi Anjali. *k16

Komentar