nusabali

Vaksinasi Covid-19 di Klungkung Capai 62,9 Persen

  • www.nusabali.com-vaksinasi-covid-19-di-klungkung-capai-629-persen

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung tengah menggencarkan vaksinasi anti Covid-19 untuk masyarakat.

Seditkitnya, sampai Minggu (20/6), capaian vaksinasi di Kabupaten Klungkung sudah mencapai 62,9 persen. Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni mengatakan, capaian vaksin sudah mencapai 93.956 orang atau 62,9 persen, dari total target 15.1788 orang. "Kami tengah melaksanakan vaksin, tentu tetap bersinergi dengan pihak terkait, termasuk aparat desa," ujar dr Swapatni, pada Minggu (20/6).

Kasus Covid-19 di Klungkung, hingga Sabtu (19/5) secara akumulatif mencapai 1.812 orang, dalam perawatan 16 orang, sembuh 1.717 orang, meninggal dunia 79 orang. Untuk itu, lanjut Adi Swapatni, Diskes juga tetap memberikan imbauan kepada masyarakat kendati sudah divaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), seperti memakai masker, menjaga jarak dan lsinnya. "Tetap terapkan prokes," ujar dr Swapatni.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meminta perbekel dan perangkat desa serta vaksinator untuk bisa meyakinkan sasaran vaksinasi, bahwa pelaksanaan vaksinasi itu aman. Karena sekarang itu vaksin sudah cukup tersedia sehingga tinggal menyiapkan sasaran. Masyarakat yang akan divaksin, juga diminta agar terbuka dengan riwayatnya.

Bupati Suwirta menambahkan, kalau dulu masyarakat yang menunggu tersedianya vaksin. Sekarang terbalik, vaksinnya sudah tersedia dan menunggu sasaran untuk segera divaksin, agar vaksinasi segera tuntas. "Saya terus memantau pelaksanaannya di setiap desa. Untuk memotivasi vaksinator, sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga untuk bersama-sama menjalankan program vaksinasi ini sampai tuntas," kata Bupati Suwirta. *wan

Komentar