nusabali

Keyakinan Membalikkan Keadaan

Big Match Portugal vs Jerman, Sabtu Malam

  • www.nusabali.com-keyakinan-membalikkan-keadaan

Ambisi dan determinasi tim tetap menjadi teladan. Itulah mengapa kami tahu kami bisa membalikkan keadaan. Jika kami bisa lebih kuat di depan, kami akan bisa mengalahkan Portugal.

MUNICH, NusaBali
Pertandingan Grup F Euro 2020 kembali menampilkan laga big match, kini antara Jerman vs Portugal, di Allianz Arena, Munich, Jerman Sabtu (19/6) tengah malam ini. Laga nanti akan menjadi laga hidup atau bagi tim Panser Jerman. Menang menjadi harga mati agar tetap bertahan di turnamen.

Portugal meraih kemenangan di laga pertamanya usai menaklukkan Hongaria 3-0 di Budapest. Satu kemenangan lagi memastikan Portugal melaju ke babak 16 besar. Namun langkah Portugal tidak mudah sebab lawan yang dihadapi kali ini adalah Jerman, yang sempat diberi malam yang sulit oleh Prancis di Munich, dan kalah tipis 0-1 lantaran gol bunuh diri Mats Hummels.

Pelatih Portugal Fernando Santos mengatakan. Portugal memulai turnamen kali ini dengan kemenangan atas Hungaria, tapi tiga poin saja tidak cukup untuk membawa Portugal lolos kualifikasi. Namun kemenagan perdana, kata Santos, membuat Cristiano Ronaldo dkk percaya diri.

"Kami memiliki dua pertandingan yang sangat penting untuk diikuti. Ini Piala Eropa dan kami harus konsisten," ujar Fernando Santos.

Sementara kalah dalam laga turnamen besar adalah sesuatu yang tidak akan pernah diterima Jerman. Mungkin kerugian seperti itu lebih dirasakan daripada kebanyakan negara lain. Satu-satunya obat yang tepat untuk rasa gatal yang disebabkan kekalahan adalah memenangkan pertandingan berikutnya. Para pemain Jerman tampaknya akan membalas kekalahannya atas Prancis dengan mengalahkan Portugal kali ini.

"Ambisi dan determinasi tim tetap menjadi teladan. Itulah mengapa kami tahu kami bisa membalikkan keadaan. Jika kami bisa lebih kuat di depan, kami akan bisa mengalahkan Portugal," kata Loew.

Pemain serba bisa Joshua Kimmich sangat percaya Jerman hanya perlu mengikuti jejak Prancis dan meletakkan penanda sendiri pada akhir pekan ini di Munich. "Prancis adalah favorit terbesar di turnamen ini dan pertandingan berikutnya, kami harus menunjukkan bahwa kami juga bisa menjadi favorit," kata Kimmich.

Kali ini tugas Jerman lebih berat. Pemilik tiga gelar Piala Eropa takkan mampu finis dua besar jika kalah dari Portugal, dan Prancis tidak kalah saat lawan Hungaria di Puskas Arena. Manuel Neuer dkk harus mengalahkan Portugal jika ingin menghidupkan peluang untuk lolos ke fase selanjutnya.

Sedangkan Portugal akan lolos ke babak berikutnya jika mengalahkan Jerman. Portugal juga pasti finis di dua besar jika mereka menang di Munich, sedangkan Hungaria gagal mengalahkan Prancis di partai lainnya.

Kembali main di rumah sendiri, kali ini,  Jerman tentu ingin bermain jauh lebih baik daripada ketika ditaklukkan Prancis. Namun, mengalahkan Portugal tidak bakal mudah, karena lawannya itu sedang diliputi kepercayaan diri tinggi.

Saat bertemu terakhir kali, di penyisihan grup Piala Dunia 2014, Jerman menghajar Portugal empat gol tanpa balas. Thomas Muller mencetak hat-trick, sedangkan Mats Hummels menyumbang satu gol untuk Jerman. Mampukah Jerman mengulanginya, ataukah Portugal yang kali ini akan keluar sebagai pemenang? *

Komentar