nusabali

13 Siswa SD di Karangasem Ikut Lomba Bertutur

  • www.nusabali.com-13-siswa-sd-di-karangasem-ikut-lomba-bertutur

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Karangasem menggelar lomba bertutur secara virtual, Jumat (18/6). Lomba ini diikuti 13 siswa SD se-Karangasem.

Mereka memperebutkan tiket lomba tingkat Provinsi Bali. Para pemenang diumummkan pada Senin (21/6). Video pemenang lomba dikirim ke Provinsi Bali.  Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Karangasem I Wayan Astika didampingi Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca I Ketut Suardana mengatakan, lomba bertutur atau bercerita dengan bahasa Indonesia tingkat SD se-Karangasem digelar secara virtual.

Video mesti dikirim ke meja panitia pada 18 Mei-16 Juni 2022. Panitia telah menyediakan dua naskah yang mesti dipilih para peserta untuk diceritakan. Masing-masing judulnya I Nengah Jimbaran dan I Ceker Cipak. Tiap video dibagi dua bagian, selama 5 menit perkenalan siswa, asal sekolah, dan yang lainnya, selebihnya 15 menit kemudian isinya cerita yang dibawakan, dengan ketentuan siswa mengenakan pakaian seragam sekolah.

Dewan Juri Dr I Made Regeg, I Nyoman Agus Sudipta, dan I Wayan Jatiyasa. “Lomba ini ada jejangnya dari tingkat kabupaten memperebutkan tiket ke lomba tingkat provinsi. Selanjutnya lomba di tingkat provinsi pemenangnya dikirim ke tingkat nasional,” jelas Wayan Astika. Lomba ini bukan saja menuntut ketrampilan siswa bercerita dengan baik menggunakan bahasa Indonesia yang benar, juga direkam secara jelas dalam video, sehingga juga ada unsur perpaduan teknologi,” katanya.

Dewan juri, I Wayan Jatiyasa mengatakan, penampilan siswa beragam, mencerminkan karakter pembinanya. “Cara bertuturnya sudah baik, sesuai dengan ekspresinya,” kata I Wayan Jatiyasa. Setiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangan berpenampilannya. Terpenting, siswa telah berupaya optimal tampil dalam video. *k16

Komentar