nusabali

Ruas Jalan di Banjar Telengan Rusak Tergerus Banjir

  • www.nusabali.com-ruas-jalan-di-banjar-telengan-rusak-tergerus-banjir

AMLAPURA, NusaBali
Ruas jalan di Banjar Telengan, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem rusak tergerus banjir, Kamis (17/6).

Akibatnya lapisan aspal terkelupas, sulit dilintasi sepeda motor dan kendaran doa empat. Jalan rusak itu menghubungkan Banjar Telengan menuju Pura Pucak Sari. Jalan rusak karena bersebelahan dengan selokan besar, airnya meluap saat hujan lebat terjadi sebelumnya.

Kelian Banjar Dinas Telengan I Made Pasek Astawa bersama petugas Polsek Manggis melakukan pemantauan di lokasi jalan rusak, Jumat (18/6). Tak hanya lapisan aspal terkelupas, bagian jalan tanah di tepi aspal juga tergerus hingga menimbulkan lubang-lubang di beberapa titik. “Jalan rusak ini akibat banjir,” ungkap Kelian Banjar Telengan, Made Pasek Astawa.

Jalan tersebut merupakan jalan desa dengan lebar sekitar 4 meter. “Ada beberapa titik jalan yang rusak, akibat airnya meluap ke jalan saat hujan lebat,” jelas Nyoman Pasek Sidemen. Terpisah, Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengakui, adanya jalan yang tergerus di Banjar Telengan, sehingga tidak bisa dilintasi pengendara sepeda motor dan pengendara roda empat. “Semua kerusakan jalan sudah kami data, bukan saja di Banjar Telengan terjadi kerusakan, juga di lokasi lain, karena tergerus air hujan,” jelas Ida Ketut Arimbawa.

Ida Ketut Arimbawa mengaku masih berkoordinasi dengan camat, perbekel dan kelian banjar dinas, mengenai dampak hujan lebat yang menyebabkan banjir, sehingga menimbulkan kerusakan jalan dan fasilitas umum. “Kerusakan yang terjadi masih didata kelian banjar dinas,” lanjut Ida Ketut Arimbawa.

Ida Ketut Arimbawa mengatakan, akibat longsor menutup jalan di beberapa lokasi, belum sepenuhnya tertangani. Sebab masih disurvei dan dikaji mengenai alat berat yang dibutuhkan. Longsor yang belum tertangani di Banjar Luah, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen yang menutup jalan raya, longsor juga menutup akses jalan di Bukit Gunung Sari, Banjar Guminten, Desa/Kecamatan Sidemen, longsor disertai pohon tumbang menimpa akses jalan di Banjar Guminten, Desa/Kecamatan Sidemen, longsor disertai pohon tumbang menimpa akses jalan di Banjar Klungah, Desa Wismakerta, Kecamatan Sidemen, dan lain-lain. *k16

Komentar