nusabali

Ukraina Pukul Makedonia Utara

  • www.nusabali.com-ukraina-pukul-makedonia-utara

BUKARES, NusaBali
Ukraina membuka peluang lolos ke 16 besar usai menang atas Makedonia Utara. Tim arahan Andriy Shevchenko itu menang tipis dengan skor 2-1, pada laga Grup C Piala Eropa 2020, di Arena Nationala, Bukares, Rumania, Kamis (17/6/) malam WITA.

Ukraina unggul dua gol pada babak pertama berkat Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk.  Makedonia Utara memperkeci ketertinggalan 1-2 di babak kedua lewat gol Ezgjan Alioski. Ukraina sempat berpeluang menambah gol, namun eksekusi penalti Ruslan Malinovskiy ditepis kiper Makedonia Utara. Dengan hasil itu, Ukraina kini meraih tiga poin di peringkat ketiga klasemen Grup C. Sedangkan Makedonia Utara di dasar klasemen dengan poin nol dan dipastikan angkar kopor dari Euro 2020.

Untuk lolos ke 16 besar, Ukraina harus menang pada laga terakhirnya melawan Austria, yang sebelumnya menang atas Makedonia Utara 3-1. Sedangkan Makedonia Utara akan menghadapi Belanda di laga ketiga atau terakhir Grup C. Dengan hasil ini, persaingan Grup C ke 16 besar akan ketat.

Pada lawan Makedonia Utara, Ukraina tampil dominan dan menyerang sejak awal. Ukraina terus menekan Makedonia Utara. Ukraina akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-29. Yarmolenko menjebol gawang Makedonia Utara untuk membawa Ukraina unggul 1-0.

Hanya berselang lima menit, Ukraina mencetak gol keduanya. Kali ini giliran Roman Yaremchuk yang mencetak gol. Makedonia Utara sempat mencetak gol pada menit ke-39 lewat sepakan Goran Pandev. Namun gol dianulir wasit karena Pandev lebih dulu offside.

Di babak kedua Ukraina mendapat penalti pada menit ke-84. Wasit menunjuk titik putih usai mengecek VAR. Avramovski dinilai handball saat memblok tendangan bebas Malinovskiy. Namun, Ukraina gagal memaksimalkannya untuk menambah keunggulan. Eksekusi penalti Malinovskiy bisa diantisipasi oleh Dimitrievski.

Di sisa waktu pertandingan, upaya Makedonia Utara untuk mencetak gol balasan tak membuahkan hasil. Skor 2-1 untuk kemenangan Ukraina bertahan hingga laga usai. Ukraina meraih kemenangan pertamanya di Euro 2020.*

Komentar