nusabali

Bupati Suwirta Buka Bimtek Bangkitkan Jiwa Bela Negara

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-bimtek-bangkitkan-jiwa-bela-negara

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membuka kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala), Forum Perempuan Lintas Agama (Forpela) dan  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Bimtek serangkaian peringatan Bulan Bung Karno III Tahun 2021 ini digelar di Gedung Pusdiklat Wihara Dharma Ratna, Klungkung, Kamis (17/6). Hadir, Ketua TP-PKK Ny Ayu Suwirta, Kepala Badan Kesbangpolinmas Klungkung, Gede Kusuma Jaya, Ketua FKUB Klungkung Gusti Made Warsika, serta Perwakilan Kantor Kementerian Agama.

Bupati Suwirta mengatakan peringatan Bulan Bung Karno ke III merupakan momen untuk mengenang kembali perjuangan Bung Karno dalam membela, dan mendirikan negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurutnya, untuk mengimplementasikan ajaran Bung Karno tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah, namun harus didukung semua pihak dalam menjalankan ajaran Bung Karno.Indonesia harus punya jati diri, kedaulatan negara RI ditentukan oleh rakyatnya sendiri, bukan bangsa lain. Sedangkan berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) dalam bidang ekonomi berarti semua komponen supaya berperan dan untuk bisa mandiri.

Kata Bupati Suwirta, keberagaman baik agama, budaya, ras, dan suku bangsa merupakan karunia Tuhan. Menurutnya hal itu patut disyukuri oleh masyarakat atas nikmat yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Karena Indonesia berdiri dari beberapa budaya, kerajaan dan adat yang berbeda untuk bersatu menjadi nusantara. Pemkab Klungkung mencetuskan slogan Gema Santi adalah dalam upaya menciptakan agar masyarakat Klungkung  berlandaskan rasa damaidalam berperilaku. Karena, menurut Bupati Suwirta, apapun kegiatan yang dilakukan dengan rasa damai pasti akan berdampak baik. Kepada para generasi muda supaya menyederhanakan pola pikir, kurangi debat panjang yang tidak dapat menyelesaikan masalah. "Lakukan hal-hal kecil yang bisa menghasilkan sesuatu yang bisa menimbulkan kemandirian dan kebaikan bagi orang sekitar," ujarnya.

Ketua Panitia Allan Dwi Permana mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa bela negara bagi generasi muda dan perempuan dalam menjaga kerukunan umat beragama. Narasumber berasal dari perwakilan Kodim 1610/Klungkung dan FKUB Klungkung. Peserta yang mengikuti secara langsung 50 orang dan secara virtual 160 orang dari kalangan siswa SMA/SMK se-Kabupaten Klungkung.*wan

Komentar