nusabali

Pasca Hujan, Bupati Suwirta Turun ke Dawan Kelod

  • www.nusabali.com-pasca-hujan-bupati-suwirta-turun-ke-dawan-kelod

SEMARAPURA, NusaBali
Hujan lebat disertai petir pada Rabu (16/6) malam hingga Kamis (17/6) dini hari, menyebabkan banjir di sejumlah titik wilayah Kecamatan Dawan, Klungkung.

Di antaranya, di Desa Dawan Kelod, banjir mengirim lumpur dan sampah hingga berserakan di atas jalan serta menutupi saluran irigasi Subak Dawan. Mendapat laporan kejadian tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta langsung melihat kondisi itu di lokasi kejadian. Air yang disertai lumpur dan sampah meluber hingga menutupi jalanan. Menurut Bupati Suwirta, sebenarnya di lokasi ini tidak ada pendangkalan. Namun banjir ini semua akibat sampah yang hanyut sehingga membuat sumbatan pada saluran-saluran air. ‘’Inilah akibatnya kalau kita tidak peduli dengan lingkungan. Membuang sampah plastik dengan sembarangan, maka jadilah banjir, " ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta menyebut akan menggencarkan edukasi kepada masyarakat perihal cara penanganan sampah terutama sampah plastik. Bupati mengajak semua pihak untuk sadar dalam menjaga dan mengelola lingkungan masing masing sehingga tidak terjadi kejadian serupa.

Untuk mengatasi lumpur yang memenuhi jalan di Desa Dawan Klod, Bupati menerjunkan dua armada pemadam kebakaran (Damkar) untuk melakukan penyemprotan. Sementara untuk membersihkan tumpukan sampah di saluran irigasi, Bupati Suwirta himbau para anggota Subak untuk bergotong royong. *wan

Komentar