nusabali

Wamkenkes Tinjau RSD Mangusada

  • www.nusabali.com-wamkenkes-tinjau-rsd-mangusada

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengunjungi RSD Mangusada, di Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung, Kamis (17/6).

Kunjungan ini dilakukan di sela-sela mengikuti seminar nasional peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2021. Wamenkes secara khusus meninjau layanan geriatri untuk memastikan RSD Mangusada memberikan pelayanan terbaik untuk para lansia.

Saat meninjau layanan geriatri, Wamenkes juga menyapa semua pasien yang sedang melakukan rawat jalan di RSD Mangusada. “Untuk layanan pada lansia di RSD Mangusada sudah baik, mulai dari dokter-dokternya sangat baik, dan infrastrukturnya juga sangat bagus,” ujar Wamenkes Dante.

Lebih lanjut dikatakan, Indonesia saat ini memiliki jumlah lansia sebanyak 27,1 juta. Karena itu, perlunya perhatian terhadap masalah kesehatan mereka. Yang terpenting dalam pelayanan pada lansia, kata Wamenkes Dante, rumah sakit tetap memberikan edukasi kepada keluarga, sehingga jika pasien sudah pulang keluarga bisa melakukan kelanjutan perawatan. “Jadi edukasi yang paling penting untuk kelanjutan perawatan para lansia,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Wamenkes Dante juga memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Wamenkes memastikan lansia yang ada di Badung sudah menerima vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr Nyoman Gunarta, mengatakan pelayanan untuk masyarakat di Badung menjadi prioritas. Bahkan, kini gedung dibangun untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Gumi Keris. “Gedung baru ini rencananya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Bisa kita khususnya untuk penanganan Covid- 19,” jelasnya.

Namun, semua itu belum bisa dilaksanakan, lantaran belum terdapat sarana dan prasarana. Dr Gunarta berharap kementrian juga bisa membantu untuk menyiapkan pemulihan pariwisata dan memberikan pelayanan yang baik. “Sesuai rencana pada gedung ini akan digunakan untuk radioterapi dan kemoterapi,” tandasnya. *ind

Komentar