nusabali

Hari Ini, Pendaftaran PPDB SMP Dimulai

  • www.nusabali.com-hari-ini-pendaftaran-ppdb-smp-dimulai

PPDB SMP negeri dimulai dengan jalur prestasi. Calon siswa cukup upload scan syarat pendaftaran di situs sekolah yang dituju.

DENPASAR, NusaBali

Hari ini, Jumat (18/6), Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP negeri di Kota Denpasar dimulai. Pendaftaran dibuka pukul 09.00 Wita hingga 15.00 Wita khusus untuk jalur prestasi. Calon murid baru mendaftar langsung melalui website di masing-masing sekolah yang mereka tuju.

Hal itu diungkapkan Kabid Pendidikan SMP Disdikpora Kota Denpasar Anak Agung Gde Wiratama saat diwawancarai di kantornya, Kamis (17/6). Menurut Wiratama, hari pertama PPDB dimulai dengan jalur prestasi yang digelar pada 18–23 Juni 2021 mendatang dengan sistem online.

Sementara jalur perpindahan orangtua, jalur afirmasi, serta jalur zonasi baik umum maupun dampak Covid-19 dilakukan pada 26–29 Juni 2021.

Untuk jadwal pengumuman lulus atau tidaknya yakni untuk jalur prestasi pada 25 Juni 2021 pukul 15.00 Wita. Pengumuman jalur perpindahan orangtua, afirmasi, dan zonasi digelar pada 1 Juli 2021 pukul 15.00 Wita.

Pendaftaran ulang bagi calon peserta didik baru yang dinyatakan lulus atau diterima, untuk semua jalur dilaksanakan pada Senin – Jumat, 5 – 9 Juli 2021 dengan cara mengunggah Surat Pernyataan Daftar Ulang pada situs https://denpasar.siap-ppdb.com.

Mekanismenya, calon peserta didik baru membuka situs https://denpasar.siap-ppdb.com dan melakukan ajuan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) secara mandiri.

Selanjutnya melakukan unggah berkas dokumen persyaratan umum dan persyaratan khusus sesuai jalur yang dipilih dengan format JPEG, PNG atau PDF. Dilanjutkan dengan memilih sekolah tujuan, dan mencetak bukti ajuan pendaftaran.

“Nantinya, operator sekolah tujuan melakukan verifikasi berkas secara daring di situs operator sekolah,” kata Wiratama.

Calon peserta didik baru kemudian melakukan pengecekan status verifikasi di situs https://denpasar.siap-ppdb.com dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). “Apabila calon peserta didik baru dinyatakan tidak lolos verifikasi berkas, dapat mengulang proses pendaftaran dengan mengunggah berkas sesuai persyaratan,” imbuh Wiratama.

Proses pendaftaran PPDB ini menurutnya sudah siap secara sekala dan niskala. “Besok kami sudah siap sekala dan niskala. Tadi (kemarin) kami bersama MKKS, dan semua yang terlibat sudah matur piuning ke Pura Jagatnatha. Semoga besok (hari ini) sampai selesai lancar,” ujar Wiratama.

Selain itu, dia juga telah bekerjasama dengan Telkom untuk persiapan server agar tidak jebol. Server tersebut mampu menampung puluhan ribu pendaftar. “Untuk server kami sudah kerjasama dengan Telkom dan semua sudah aman. Dengan jumlah siswa SD yang tamat 13.835 siswa tahun ini, sudah aman apalagi dengan waktu pendaftaran yang cukup panjang,” imbuhnya.

Selain itu, Wiratama juga mengaku sudah bersurat ke PLN agar semua listrik yang ada pada jalur 14 SMP negeri di Denpasar tak terjadi pemadaman. Di sekolah, semua operator juga standby selama waktu pendaftaran mulai pukul 09.00 hingga 15.00 Wita. Sementara itu, untuk pendukung di masing-masing SMP, kecepatan internet mencapai 20 Mbps hingga 30 Mbps.

Terkait dengan pengaduan, pihaknya juga telah membuat posko PPDB di Disdikpora dan di masing-masing sekolah. Sehingga jika ada permasalahan, orangtua siswa bisa ke sekolah tujuan atau langsung ke Disdikpora Denpasar.

“Untuk jalur prestasi dibagi menjadi prestasi akademik sebanyak 5 persen dan jalur prestasi non akademik dengan proporsi utsawa dharma gita/lomba bulan Bahasa Bali 2 persen, jalur prestasi non akademik olahraga 5 persen, jalur prestasi non akademik seni 5 persen, serta jalur prestasi non akademik Pesta Kesenian Bali 6 persen,” ucap Wiratama.

Adapun daya tampung untuk masing-masing sekolah yakni SMPN 1 Denpasar sebanyak 240 siswa dengan 6 kelas, SMPN 2 Denpasar sebanyak 400 siswa dengan 10 kelas, SMPN 3 Denpasar 240 siswa dengan 6 kelas. SMPN 4 Denpasar 400 siswa dengan 10 kelas, SMPN 5 Denpasar 240 siswa dengan 6 kelas, SMPN 6 Denpasar 360 siswa dengan 9 kelas.

SMPN 7 Denpasar 280 siswa dengan 7 kelas, SMPN 8 Denpasar 320 siswa dengan 8 kelas, SMPN 9 Denpasar 360 siswa dengan 9 kelas, SMPN 10 Denpasar 240 siswa dengan 6 kelas, SMPN 11 Denpasar 240 siswa dengan 6 kelas, SMPN 12 Denpasar 240 siswa dengan 6 kelas, SMPN 13 Denpasar 280 siswa dengan 7 kelas, SMPN 14 Denpasar 240 siswa dengan 6 kelas. *mis

Komentar