nusabali

Pertiwi Bali Gelar Kegiatan Donor Darah

  • www.nusabali.com-pertiwi-bali-gelar-kegiatan-donor-darah

DENPASAR, NusaBali.com – Pertiwi Indonesia Bali atau ‘Pertiwi Bali’ menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah  digelar pada Kamis (17/6/2021).

Baksos yang diadakan di Rumah Sanur Creative Hub, Banjar Semawang, Jalan Danau Poso 51A Denpasar Selatan ini  merupakan kegiatan donor darah kedua yang diselenggarakan Pertiwi Bali di tahun 2021 bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Provinsi Bali.

“Mereka yang dapat mendonorkan darahnya adalah masyarakat yang sama sekali belum menjalani proses vaksinasi Covid-19, atau yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 tahap II yang sudah melebihi 1 bulan,” kata Ketua Pertiwi Bali Hannah Siregar.

Hannah pun mengungkapkan bahwa antusias masyarakat untuk mendonorkan darahnya sangat tinggi, bahkan sampai mengatur waktu para pendonor agar tidak berdesakan untuk menerapkan prokes masa pandemi.  

Alhasil target 50 kantong darah terpenuhi dalam kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 14.00 Wita. Bahkan jumlah bisa melampaui jika warga yang hendak mendonorkan darahnya tidak dibatasi persyaratan sudah melewati vaksinasi Covid-19 lebih dari sebulan.
 
Sejumlah kegiatan sosial sudah dilakukan oleh organisasi perempuan ini, termasuk menggelar Pasar Murah pada November 2020 yang bertujuan untuk memberi dukungan kepada pelaku UMKM di Bali.

“Kegiatan lain yang dilakukan adalah donasi berupa handphone kepada siswa dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bangli dan Karangasem,” tambah Titiek Herawati, Ketua Divisi Sosial Pertiwi Bali.

Pertiwi Bali sendiri adalah bagian dari Pertiwi Indonesia yang sudah berdiri di 18 provinsi seluruh Indonesia.  Di Bali, Pertiwi lahir pada bulan Juli 2020 dan hingga saat ini memiliki 150 anggota.


Hannah pun berharap ke depannya Pertiwi Bali akan semakin banyak melakukan kegiatan sosial membantu masyarakat. Terutama dalam mengembangkan UMKM lokal yang ada di Bali. “Hal yang paling penting lagi adalah mewujudkan pendidikan yang layak bagi masyarakat kurang mampu. Kami akan bantu semaksimal mungkin untuk masyarakat,” kata Hannah.

Pertiwi Indonesia sendiri didirikan oleh Putri Kuswisnuwardani, putri dari pengusaha perempuan pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo. Pada masa pemilihan presiden RI tahun 2019, Putri Kuswisnuwardani adalah pendukung pasangan Jokowi dan Maruf Amin sehingga mendeklarasikan Pertiwi (Perempuan Tangguh Pilih Jokowi).

Putri Kuswisnuwardani kemudian  menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Sedangkan Pertiwi bertransformasi menjadi Pertiwi Indonesia yang beranggotakan masyarakat sipil dari berbagai latar belakang profesi. *rma

Komentar