nusabali

PPDB SMA Provinsi Bali Masuki Tahapan Kedua

  • www.nusabali.com-ppdb-sma-provinsi-bali-masuki-tahapan-kedua

DENPASAR, NusaBali.com – Setelah menuntaskan tahapan pertama, kini Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA di Bali menyongsong tahap II (jalur zonasi dan jalur sekolah dengan perjanjian) dan tahap III ( jalur ranking nilai rapor).

Tahap II akan dimulai 21-23 Juni 2021, sedangkan tahap III 28-30 Juni 2021. Dua tahapan ini melengkapi tahap I yang digelar pada 14-16 Juni 2021, yakni, pendaftaran dari jalur afirmasi, jalur inklusi, jalur tugas orang tua/wali, dan jalur sertifikat prestasi.  

Pantauan di beberapa sekolah di Kota Denpasar, pendaftaran yang dilakukan secara online tersebut sejauh ini berjalan dengan lancar.  “Sampai Rabu siang pendaftaran yang diterima operator kami ada 15 siswa yang mendaftar,” terang Kepala Sekolah SMAN 10 Denpasar, Drs I Made Agus Suarsika MPd.


Kepala Sekolah yang menjabat sejak 1 Maret 2021 ini menambahkan bahwa pada tahun ajaran ini sekolahnya menargetkan penerimaan siswa, dari seluruh tahap PPDB, sebanyak 180 siswa yang akan dibagi ke dalam lima kelas.

SMAN 10 Denpasar yang baru dibangun tahun lalu di Jalan Bypass Ngurah Rai, Pedungan, Denpasar selatan, untuk  sementara ber-home base di SMAN 4 Denpasar di Jalan Gunung Rinjani, Denpasar Barat.  Namun sistem zonasi dapat menerima pendaftaran calon siswa dari wilayah Denpasar Selatan, Denpasar Barat, dan Kuta.

“Meski tahap pertama merupakan jalur afirmasi, namun peraturan zonasi masih tetap berlaku,” kata Suarsika.

Lebih lanjut ia menjelaskan, meski merupakan sekolah baru sekolahnya telah memiliki guru tetap yang jumlahnya 21 orang,  sehingga dirinya merasa yakin proses belajar mengajar nantinya akan berjalan baik.

Untuk diketahui, sebelumnya sambil menunggu perekrutan guru tetap, proses belajar mengajar di SMAN 10 Denpasar yang baru menerima siswa sejak tahun ajaran yang lalu tersebut dibantu oleh sejumlah guru SMAN 4 Denpasar.

Pantauan di ruang penerimaan siswa baru, operator pendaftaran siswa baru memonitor pendaftaran calon siswa yang masuk ke sistem. Selain itu pihak SMAN 10 Denpasar menyediakan layanan informasi bagi siswa dan orang tua yang belum mengerti tentang tatacara PPDB yang dilakukan pada tahun ini.

Sementara itu di SMAN 5 Denpasar, proses PPDB tahap pertama juga terlihat berjalan lancar. Kepala Sekolah SMAN 5 Denpasar, Dra Cokorde Istri Mirah Kusuma Widiawati MSos, menyebutkan sampai hari Selasa (15/6/2021) sekolahnya telah menerima pendaftaran sebanyak 28 orang siswa.

“Sampai Selasa sore sudah diterima sebanyak 28 siswa, sementara ada 29 yang belum bisa diterima karena kekurangan beberapa dokumen,” ungkap Mirah yang sebelumnya merupakan Kepala Sekolah SMAN 7 Denpasar.

Menurutnya, meski pendaftaran tahap pertama berakhir pada Rabu (16/6/2021), pihaknya nanti masih akan menerima siswa-siswa yang sudah mendaftar tetapi masih kurang dalam melengkapi beberapa dokumen yang dipersyaratkan.

Dirinya menambahkan jika semenjak dua minggu sebelum jadwal PPDB dimulai telah menyediakan posko layanan informasi PPDB, sehingga bagi orangtua maupun calon siswa dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mengetahui proses PPDB yang dilakukan tahun ini.

Menurutnya antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan layanan tersebut cukup besar, yang diakuinya menunjukkan masih banyak masyarakat yang belum memahami proses PPDB.

Jadwal penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK seluruh Bali telah diumumkan oleh Kepala Disdikpora Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawijaya. *adi

Komentar