nusabali

ABVB Gelar Tes Evaluasi Gandeng Dosen FOK Undiksha

  • www.nusabali.com-abvb-gelar-tes-evaluasi-gandeng-dosen-fok-undiksha

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 80 orang siswa Akademi Bola Voli Buleleng (ABVB) mulai menjalani tes evaluasi.

Puluhan siswa mengawali dengan tes fisik yang dilakukan di GOR Kampus Undiksha Jinengdalem, Rabu (16/6), setelah setahun menjalani pelatihan dan pembinaan. Tes evaluasi itu dibantu tiga dosen Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha.

Direktur ABVB Dr Syarif Hidayat mengatakan kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan dosen FOK Undiksha melalui program pengabdian masyarakat. Ketiga dosen tersebut, I Komang Sukarata SPd, MOr, I Ketut Budaya Astra SPd, MOr, I Wayan Muliarta SPd, MOr.

“Tes evaluasi ini wujud nyata ABVB untuk meningkatkan prestasi bola voli Buleleng sehingga ke depannya dapat berbicara di tingkat provinsi dan nasional,” ujar Syarif Hidayat yang juga dosen FOK Undiksha.

Tes fisik yang dilakukan berbasis sport science, seluruh siswa ABVB dinilai 15 komponen yang berkaitan dengan prestasi bola voli. Seluruh siswa ABVB yang terdiri dari 22 orang putri dan 58 orang putra, setelah menjalani tes fisik pada Rabu (16/6), akan menjalani tes teknik pada 21-25 Juni mendatang.

Syarif Hidayat menyebutkan, hasil gabungan tes fisik dan teknik akan digunakan sebagai dasar penyusunan program latihan satu tahun ke depan. Program itu akan diselaraskan dengan kalender akademik ABVB di tingkat satuan pendidikan formal. “Hasil tes ini akan menunjukkan perkembangan ABVB selama setahun, apakah ada peningkatan kualitas siswa binaan kami atau malah stagnan,” imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Umum PBVSI Buleleng Putu Mangku Mertayasa, mengapresiasi dukungan dan sinergi yang diberikan oleh FOK Undiksha, kepada Pengkab PBVSI Buleleng. Dia berharap besar dengan kerjasama dan sinergisitas ini dapat meningkatkan prestasi cabang olahraga (cabor) bola voli di Buleleng dan dapat melahirkan atlet nasional.

“Undiksha melalui dosen-dosen FOK-nya jelas sangat membantu kami mewujudkan cita-cita memajukan olahraga bola voli Buleleng, dengan acuan sport science sebagai dasar pelatihan dan pembinaan siswa di ABVB. Kami berharap hal yang baik ini terus terjalin,” ucap Mangku Mertayasa yang juga anggota DPRD Provinsi Bali.

Mangku Mertayasa menambahkan, evaluasi ABVB ini merupakan momen untuk menyongsong Porsenijar dan Porprov 2020. Upaya latihan dan pembinaan atlet dengan terukur, dipastikannya dapat mengangkat peluang cabor bola voli Buleleng bersaing di tingkat provinsi. *k23

Komentar