nusabali

Kementerian PPN/Bappenas Kunjungi TOSS Center

  • www.nusabali.com-kementerian-ppnbappenas-kunjungi-toss-center

SEMARAPURA, NusaBali
Rombongan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, di Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (15/6).

Rombongan diterima dan dipandu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Rombongan Kementerian PPN/Bappenas dipimpin Direktur Perumahan dan Permukiman Tri Dewi Virgi Anti. "Kunjungan ini serangkaian mendukung kebijakan pengelolaan sampah terpadu dan mendukung peran serta pihak swasta dalam pengelolaan sampah," ujar Dewi Virgi Anti. Selain itu, lanjut dia, untuk mengetahui praktik pengelolaan sampah terpadu di Kabupaten Klungkung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan, Pemkab Klungkung merancang TOSS Center sebagai tempat edukasi dan rekreasi. "Jika inovasi TOSS dapat dijadikan contoh atau di-ATM (Amati Tiru Modifikasi), maka kami mohon support, karena kami tidak dapat berjalan sendiri,” harap Bupati Suwirta.

Hasil olahan dari TOSS berupa pupuk/kompos akan digunakan mendukung untuk pertanian organik. Sementara hasil pertanian organik akan disalurkan melalui inovasi program Beli Mahal Jual Murah (Bima Juara). "Gabah dibeli di atas harga pasar oleh KUD, sementara beras akan dijual di bawah harga pasar," kata Bupati Suwirta.

Jelas Bupati, Pemkab Klungkung juga sedang mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplast). Dari gerakan ini, sampah plastik yang dikumpulkan masyarakat diarahkan untuk diolah di TOSS Center.

Bupati Suwirta melaporkan pengadaan alat-alat pengelolaan sampah di TOSS Center, Pemkab Klungkung hanya mengandalkan bantuan pihak ketiga. Karena beberapa pengadaan melalui e-catalog tidak tersedia. Termasuk mural yang terdapat didinding luar TOSS Center berasal dari pihak ketiga. Di TOSS juga terdapat tempat pembibitan. "Mudah-mudahan kehadiran Kementerian PPN/Bappenas dapat memberikan semangat kepada kami, untuk lebih meningkatkan apa yang sudah kami lakukan," harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar