nusabali

Desa Bulian Wakili Buleleng Lomba Satkamling Tingkat Polda Bali

  • www.nusabali.com-desa-bulian-wakili-buleleng-lomba-satkamling-tingkat-polda-bali

SINGARAJA, NusaBali
Desa Bulian, Kecamatan Kubutambahan,  mewakili Buleleng pada lomba Pos Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) tingkat Polda Bali.



Tim penilai dari Polda Bali yang dipimpin Kompol Nyoman Geden bersama Kompol I Nengah Merta, melakukan penilaian dengan didampingi Perbekel Desa Bulian, AKBP (Purnawirawan) Made Sudirsa, pada Selasa (15/6) pagi.

Rombongan tim penilai melihat langsung pos Satkamling Desa Bulian yang dilombakan. Mereka juga menyaksikan personel Satkamling menampilkan ketrampilan peragaan baris berbaris, bela diri Polri, teknik membawa tahanan, drill borgol Polri, hingga penyampaian alarm sistem tanda bahaya dengan kentongan, serta simulasi pencurian.

Kompol Nyoman Geden mengatakan, tujuan digelarnya perlombaan ini adalah untuk menguatkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Penguatan dilakukan melalui anggota Linmas yang terdapat di masing-masing desa. Linmas bisa dikatakan sebagai polisi di desa itu sendiri. Dalam artian, bertindak sebagai polisi bagi dirinya sendiri, lingkungannya, dan bagi masyarakat di tempat tersebut.

Dengan peran Linmas, segala informasi tentang desa dapat langsung dilaporkan ke Kepolisian Sektor Kecamatan melalui Babinkamtibmas. Informasi seperti kasus pencurian, pembunuhan, kebakaran, dapat disampaikan langsung dan ditindak lebih cepat. "Kalau sudah informasi dari desa otomatis Polsek menangani agar kasus tidak berkembang dan cepat ditangani," jelasnya.

Kompol Nyoman Geden menambahkan, dalam penilaian lomba Pos Satkamling dilakukan berdasarkan berbagai kriteria. Di antara lain, keberadaan pos Satkamling, kelengkapannya seperti senter, kentongan, kotak P3K, fire hydrant, serta jadwal jaga dan tempat istirahat yang dilengkapi dengan kasur dan bantal.

Semua kriteria tersebut, lanjut Kompol Nyoman Geden, harus diikuti dengan anggota yang selalu siap dan cekatan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat di desa. "Kalau kita lihat kriterianya sangat banyak, namun untuk Buleleng, ini sangat luar biasa," tandas Kompol Nyoman Geden.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa, mengapresiasi upaya Polres Buleleng yang telah memfasilitasi serta berkordinasi dengan pihak Desa Bulian. Apresiasi juga disampaikan karena telah memberikan pembinaan untuk anggota Linmas  mewujudkan keamanan bagi masyarakat khususnya Desa Bulian.

Kata Sekda Suyasa, anggota Linmas mengemban fungsi kepolisian untuk mengamankan lingkungan. Linmas dibentuk oleh warga atas kesadaran dan kepentingan untuk bersama mengamankan lingkungan. "Kerja sama yang baik ini, tidak lepas dari sinergitas yang sangat baik dengan masyarakat  Desa Bulian. Kami berharap bisa mendapatkan juara dan bisa ikut dalam jenjang yang lebih tinggi," ujarnya. *mz

Komentar