nusabali

537 WNA Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Denpasar

  • www.nusabali.com-537-wna-ikuti-vaksinasi-covid-19-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 537 Warga Negara Asing (WNA) mengikuti vaksinasi Covid-19 di Denpasar. Jumlah ini didominasi oleh WNA yang berdomisili di wilayah Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan.

WNA yang bisa divaksinasi Covid-19 di Denpasar merupakan pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas). Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Selasa (15/6) mengatakan WNA ini memiliki beragam profesi mulai dari guru, hingga pekerja hotel. Ada juga WNA yang memang sudah menetap di Denpasar. Beberapa WNA ikut kegiatan vaksinasi massal yang digelar di wilayah Sanur.

Sedangkan beberapa di antaranya melakukan vaksinasi mandiri ke fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di Denpasar. “Untuk WNA yang divaksinasi dosis pertama sebanyak 537 orang. Sekarang ada beberapa yang sudah mendapat dosis kedua. Mereka yang di luar Sanur biasanya langsung ke RSUD Wangaya dengan membawa Kitas,” ungkapnya.

Dewa Rai menambahkan, WNA ini ikut divaksinasi agar tidak menjadi penyebar Covid-19. Apalagi mereka tinggal dalam waktu yang cukup lama di Denpasar. Untuk pelaksanaan vaksinasi Pemerintah Kota Denpasar juga telah melakukan konsultasi dengan beberapa Konsul Jenderal (Konjen) seperti Konjen Jepang, India, maupun Korea Selatan yang ada di Denpasar.

Pelaksanaan vaksinasi WNA ini harus mendapat persetujuan dari negara asalnya demi keselamatan. Jika belum mendapat persetujuan, pihaknya tak berani melakukan vaksinasi. Di samping itu juga mengedukasi para WNA yang sudah divaksin untuk mensosialisasikan program ini bahwa pemerintah Indonesia, baik Pemprov Bali dan Kota Denpasar secara khusus, serius dalam menangani pandemi Covid-19 ini.

“Nantinya, jika Sanur maupun daerah pariwisata sudah dibuka, para WNA yang menetap di Bali maupun Denpasar ini dapat menginformasikan kepada keluarga, kerabat atau teman-temannya untuk datang ke Indonesia, terutama Bali dan juga Sanur,” katanya. *mis

Komentar