nusabali

Komitmen Bangun Sektor Pertanian Lebih Baik

Wabup Suiasa Hadiri Penilaian Penyuluh Pertanian Teladan, BPP, Gapoktan, dan Petani Berprestasi

  • www.nusabali.com-komitmen-bangun-sektor-pertanian-lebih-baik

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menerima Tim Penilai Penyuluh Pertanian Teladan, BPP, Gapoktan, dan Petani Berprestasi di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Abiansemal, Senin (14/6).

Wabup Suiasa mengatakan penilaian ini dapat mamantik dan memotivasi jajaran pemerintah Kabupaten Badung untuk lebih mensinergikan program-program strategis di sektor pertanian bersama seluruh stakeholder.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, anggota DPRD Kabupaten Badung Ni Luh Kadek Suastiari, serta Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa. Wabup Suiasa mengatakan dalam masa pandemi Covid-19, sektor pertanian menjadi semakin penting dan telah teruji ketangguhannya. Hal ini terbukti di tengah pertumbuhan ekonomi nasional yang terkontraksi negatif, justeru sektor pertanian mampu tumbuh positif sebagai penyelamat dari turunnya pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam mendukung pelaksanaan penilaian penyuluh pertanian teladan, BPP, gapoktan, dan petani berprestasi tingkat Provinsi Bali, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung telah melaksanakan penilaian terhadap penyuluh pertanian teladan, BPP, gapoktan, dan petani berprestasi, tingkat Kabupaten Badung pada April 2021. Untuk nominasi pertama tingkat Kabupaten Badung diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi Bali.

Menurut Wabup Suiasa, penilaian ini akan digunakan sebagai momentum untuk lebih mamantik dan memotivasi jajaran pemerintah Kabupaten Badung untuk lebih mensinergikan program-program strategis disektor pertanian bersama seluruh stakeholder. Di samping itu, juga sebagai bahan mengevaluasi dalam melaksanakan dan membuat kebijakan-kebijakan strategis ke depanya.

“Apapun yang menjadi hasil dari tim penilai saat ini akan kami pergunakan sebagai acuan dalam melakukan evaluasi secara komprehensif ke depan. Apabila hasil dipandang baik dan hasilnya kita juga diberikan kepercayaan oleh Pemerintah Provinsi Bali untuk mewakili Bali, kami bersama jajaran sangat siap untuk mewakili Bali, karena kita telah berkomitmen untuk membangun sektor pertanian ini lebih baik ke depannya,” kata Wabup Suiasa.

Adapun peserta lomba dari Kabupaten Badung, mewakili tingkat Provinsi Bali yaitu Penyuluh Pertanian Teladan diwakili oleh Erida Juita Sianturi, Penyuluh di Kecamatan Kuta Selatan, BPP berprestasi diwakili oleh BPP Abiansemal, Gapoktan berprestasi diwakili oleh Gapoktan Gelis Nadi, Desa Penarungan Kecamatan Mengwi dan Petani berprestasi diwakili oleh I Gede Artawan, petani Desa Tibubeneng Kecamatan Kuta Utara.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Provinsi Bali I Made Oka Parwata mengatakan selaku tim koordinator penilai tingkat Provinsi Bali tahun 2021, pihaknya hanya memverifikasi saja bukan menilai. Karena ini sudah melalui proses berjenjang dari bawah melalui pembinaan. “Sudah kami lihat pameran yang sudah sangat bagus dan luar biasa keberadaannya dan saya lihat dari potensi Badung sudah lengkap semuanya,” katanya. *ind

Komentar