nusabali

Parwata Gotong Royong di Subak Lepud Munduk Gaing

Usulkan Perbaikan Saluran Irigasi dan Perjuangkan Dana Hingga ke Pusat

  • www.nusabali.com-parwata-gotong-royong-di-subak-lepud-munduk-gaing

MANGUPURA, NusaBali
Ketua DPRD Badung I Putu Parwata turun ke lapangan ikut melaksanakan kegiatan gotong royong di Subak Lepud Munduk Gaing, Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Minggu (13/6).

Selain mengikuti kegiatan gotong royong bersama krama subak, Politisi PDI Perjuangan tersebut juga menyerap aspirasi krama subak di kawasan tersebut. Saat menyerap aspirasi dan ikut bergotong royong, Parwata juga meninjau saluran irigasi subak tersebut yang bocor, sehingga masih ada sawah yang belum dapat air. Tak hanya saluran irigasi yang rusak. Bahkan Parahyangan Pelinggih Dewi Sri juga rusak parah, termasuk bangunan lumbung padi di balai subak tersebut juga rusak.

Parwata mengatakan, dari serap aspirasi para petani di Subak Lepud serta peninjauan ke persawahan warga, diketahui masih ada saluran irigasi yang bocor, sehingga kurang memaksimalkan air masuk ke persawahan petani di Subak Lepud. “Ini air ada, sekarang bagaimana kita memaksimalkan air ini. Walaupun di APBD Badung belum bisa dilakukan perbaikan, saya akan terus mengawal perbaikan irigasi subak ini,” ujar politisi PDI Perjuangan asal Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara ini.

Parwata melanjutkan, dirinya akan mengawal kondisi ini hingga ke tingkat kementerian di pusat dengan mencari dana alokasi khusus untuk subak pertanian. “Nanti kami akan perjuangkan ke kementrian di pusat dengan mencari dana alokasi khusus untuk subak pertanian dan silahkan buatkan proposal untuk mohon bantuan ke pusat dan kami siap mengawal hal ini,” kata Parwata.

Dikatakan, Subak Lepud memiliki luas 283 hektare, sementara di Munduk Gaing memiliki luas sekitar 43 hektare sawah. “Kita berharap dengan nantinya diperbaiki saluran irigasi yang bocor ini, subak ini memperoleh air yang maksimal, sehingga pertanian subak air di Subak Lepud bisa berkelanjutan serta bisa memperoleh produksi padi yang maksimal,” imbuh Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung tersebut.

Sementara itu, Pangliman Munduk Gaing I Wayan Sugiartana. disampingi Pekaseh Subak Lepud I Made Sukadana, menyampaikan terima kasih atas kedatangan Ketua DPRD Badung I Putu Parwata yang memperjuangkan masalah yang dihadapi para petani di subaknya. “Kami berharap masalah ini bisa mendapat solusi terbaik dari pemerintah dan para petani bisa mendapatkan produksi pertanian yang maksimal,” tuturnya. *ind

Komentar