nusabali

Pelamar Tetap Datangi Sekolah

Pendaftaran PPDB SMA-SMK Secara Daring

  • www.nusabali.com-pelamar-tetap-datangi-sekolah

Masalahnya, ada siswa salah unggah surat keterangan lulus, keterangan lomba, dan kesalahan prosedural lain.

SEMARAPURA, NusaBali

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA dan SMK tahun ajaran 2021/2022 di Provinsi Bali dibuka mulai Senin (14/6). Walaupun pendaftaran dilakukan secara daring (dalam jaringan), namun banyak lulusan SMP memilih mendatangi sekolah.

Kondisi itu tampak di SMAN 2 Semarapura, Klungkung. Ketua Penyelenggara PPDB SMAN 2 Semarapura I Ketut Langkir, mengatakan PPDB tahap I dilaksanakan Senin (14/6) - Rabu (16/6) untuk jalur prestasi, afirmasi, inklusi, dan perpindahang orang tua. Walaupun pendaftaran dilakukan secara daring, namun banyak siswa memilih datang langsung ke sekolah untuk mendaftarkan secara manual. ‘’Karena kami juga memberikan ruang bagi siswa untuk mendaftar secara daring dari sekolah,’’ jelasnya.

Saat pendaftaran, banyak calon pelamar dipanggil panitia. Karena mereka salah mencantumkan piagam, surat keterangan lulus, dan prosedur lain yang tidak bisa diterima oleh sistem di komputer. "Masalahnya, ada siswa salah unggah surat keterangan lulus, keterangan lomba, dan kesalahan prosedural lain. Namun kami harus menghubungi orangtua atau siswa bersangkutan,”  ujar Ketut Langkir.

Disebutkan, SMAN 2 Semarapura menerima 360 siswa. Rrinciannya dari jalur prestasi 20 persen, prestasi nilai rapor 10 persen, afirmasi dan inklusi 15 persen, perpindahan tugas orangtua 5 persen, dan zonasi 50 persen. “Saat ini sudah ada pendaftaran dari jalur prestasi, inklusi, perpindahan orangtua dan afirmasi,” sebutnya.

Bagi siswa yang sudah masuk dalam penerimaan sementara diminta untuk terus memantau website. Karena terus terjadi perubahan sampai akhir pendaftaran, Rabu (16/6) sore. Sedangkan untuk zonasi, pendaftaran baru dibuka mulai 21 - 23 Juni. Jalur rangking rapor siswa dengan pendaftaran tahap III, 28 - 30 Juni.

Salah seorang siswa pelamar SMAN 2 Semarapura, Ketut Arya Juliantara mengaku mendaftar melalui jalur afirmasi. Menurutnya untuk pendaftaran PPDB sangat cepat, cukup lima menit semua terposting.

Kepala Dinas Pendidikan Klungkung I Ketut Sujana mengatakan untuk lulusan SMP tahun 2021 ini, di Kabupaten Klungkung ada 2.944 orang, lulusan SD sebanyak 2.799 dengan daya tampung SMP sebanyak 3.264 orang siswa. “Untuk SMA dan SMK di Klungkung kami tidak tahu persis namun sesuai data propinsi, tahun ajaran 2021/2022 di Propinsi Bali  ada 61.436 siswa yang tamat SMP dengan daya tampung seluruh SMA dan SMK se Bali sebanyak 78.934 siswa,” ujarnya. *wan

Komentar