nusabali

Penumpang Kapal dari Madura Positif Covid-19, Terjaring di Pelabuhan Celukan Bawang

  • www.nusabali.com-penumpang-kapal-dari-madura-positif-covid-19-terjaring-di-pelabuhan-celukan-bawang

SINGARAJA, NusaBali.com – Seorang penumpang kapal laut yang berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Gerokgak, Kabupaten Buleleng harus menjalani isolasi setelah hasil rapid test dinyatakan positif Covid-19.

Terungkapnya penumpang kapal positif Covid-19 ini berawal dari kedatangan kapal yang mengangkut 54 penumpang dari Madura pada Minggu (13/6/2021). 

Kantor Karantina Pelabuhan (KKP) Celukan Bawang kemudian melaporkan hasil tracing dan swab terdapat seorang warga asal Desa Sumberkima dinyatakan positif tanpa gejala.  

“Dari laporan KKP itu, kami bersama Satgas desa segera melakukan tindakan isolasi desa. Setelah melakukan koordinasi, yang bersangkutan kami isolasi di Villa Segara Menjangan pada hari itu juga,” terang Camat Gerokgak, Made Juartawan, pada Senin, (14/6/2021).

Selama menjalani isolasi desa, Satgas Desa akan melibatkan pecalang secara bergantian untuk melakukan pengawasan. “Nanti pengawasan di lokasi isolasi akan dilakukan selama 24 jam penuh secara bergantian oleh Satgas Desa, tentunya juga melibatkan pecalang setempat,” tegas Juartawan.

Disinggung terkait kondisi di Posko Penjagaan Pelabuhan Pegametan, Desa Pejarakan, Camat Juartawan mengakui hingga saat ini belum ditemui adanya penduduk pendatang yang berlabuh. Kendati demikian, penjagaan secara ketat terus dilakukan sebagai langkah antisipasi dan kewaspadaan terhadap penduduk pendatang.

“Semoga melalui berbagai langkah sinergitas dan penjagaan yang intensif serta sosialisasi dari Satgas Covid-19 untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan, ke depannya dapat menekan penyebaran Covid-19 sehingga kondisi pandemi ini dapat terlewati,” tuntas Juartawan.   *rls

Komentar