nusabali

Rekrutmen PPPK Ditunda, GTT Sabar Menunggu

  • www.nusabali.com-rekrutmen-pppk-ditunda-gtt-sabar-menunggu

GIANYAR, NusaBali
Gianyar menunda rekrutmen 1.227 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 29 CPNS, karena keterbatasan anggaran.

Para guru tidak tetap (GTT) yang sangat berharap bisa ikut seleksi tahun 2021, mau tidak mau harus bersabar.  "Kalau tidak ada seleksi tahun ini, ya tahun depan kami coba ikut tes," ujar salah satu guru SD di Kecamatan Gianyar, Minggu (13/6). Guru yang enggan namanya dikorankan ini tidak mempermasalahkan penundaan rekrutmen itu karena pandemi Covid-19. "Selama masih punya kesempatan, saya tunggu," ujarnya.

Untuk diketahui, para calon guru memilih jadi guru PPPK, karena memperoleh penghasilan sama seperti PNS. Bedanya, tidak memperoleh pensiunan. Gaji mereka dari pusat, ditambah tunjangan dari pemprov atau pemkab/kota.

Meski rekrutmen PPPK dan CPNS di Gianyar pada 2021 ini ditunda karena keterbatasan anggaran. Namun guru tidak tetap diminta tetap profesional mengajar anak didik. "Semestinya guru profesional tidak terpengaruh oleh situasi apapun, apalagi baru sebatas ditunda," ujar Kepala Dinas Pendidikan Gianyar, Wayan Sadra. Jelas dia, dengan situasi yang terjadi sekarang. Semua pihak bisa memahami. Dan para guru tetap fokus dengan proses belajar mengajar yang berlangsung. "Saya rasa seharusnya tidak berpengaruh terhadap proses pembelajaran," ujarnya.

Sadra berharap para GTT yang bertugas di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tetap eksis dalam mendidik anak bangsa ini. "Jangan terpengaruh oleh berita-berita yang belum jelas," pintanya.

Guru juga diminta bekerja mengacu aturan yang berlaku. "Kita tunggu instruksi lebih lanjut. Pemerintah selalu bijaksana dalam menyikapi kekurangan guru maupun menyikapi pengangkatan guru PPPK," jelasnya. *nvi

Komentar