nusabali

Pandemi, Desa Umeanyar Kembangkan Wisata Selfie

  • www.nusabali.com-pandemi-desa-umeanyar-kembangkan-wisata-selfie

SINGARAJA, NusaBali
Desa Umeanyar, Kecamatan Seririt, Buleleng, mengembangkan wisata selfie dengan latar panorama persawahan.

Lokasinya di hamparan sawah dan berdekatan dengan pantai. Tempat wisata yang baru dibuka pada Januari lalu ini menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung, serta menghidupkan kembali perekonomian warga di tengah pandemi.

Perbekel Desa Umeanyar, Putu Edy Mulyana mengatakan, pengembangan pariwisata berbasis pertanian yang dikelola BUMdes ini menggunakan anggaran dana desa. Pihaknya bekerja sama dengan pemilik tanah warga setempat, dengan sistem bagi hasil. Namun, dengan kondisi pandemi seperti sekarang, pihaknya tidak menargetkan pemasukan besar.

Saat ini pihaknya fokus untuk menarik pengunjung wisatawan setempat, dengan menawarkan keindahan alam persawahan dan pantai. "Antusias masyarakat positif, namun kami tidak terlalu banyak promosi. Kita fokus warga di sini dulu. Kebetulan warga yang ke pantai sini rame ketika sore hari," ujar Perbekel Edy Mulyana, Minggu (13/6)

Edy Mulyana menambahakan, Desa Umeanyar juga berencana akan membangun pariwisata religi yakni pariwisata pengelukatan. Pariwisata itu bagian dari pengembangan sumber daya alam mata air desa setempat. "Kami di sini punya mata air. Nantinya akan kita kembangkan sebagai pariwisata religi, mudah-mudahan tahun ini segera terealisai," harapnya.

Sementara itu, Camat Seririt, Nyoman Agus Tri Kartika Yuda mengapresiasi pengembangan obyek wisata oleh pemerintah Desa Umeanyar. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk desa maupun pemasukan BUMDes Desa Umeanyar. Ia menambahkan wisata merupakan inovasi baru.

Mengingat kebanyakan desa yang ada di Kecamatan Seririt dominan bergerak di bidang unit usaha perdagangan. "Ini merupakan hal yang baru dari desa khususnya di Kecamatan Seririt. Jadi nanti kami akan dorong desa lain untuk berinovasi untuk mengembangkan potensi desa. Kami akan berikan pendampingan dan fasilitasi hal-hal seperti ini," Camat Agus Tri. *mz

Komentar