nusabali

Wabup Suiasa Tebar 10 Ribu Benih Ikan Nila di Mengwi

Serangkaian Memperingati Bulan Bung Karno

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-tebar-10-ribu-benih-ikan-nila-di-mengwi

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menebar 10 ribu benih ikan nila di lingkungan Banjar Tengah, Kaler, dan Kelod, Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Badung, Sabtu (12/6).

Penebaran benih ikan ini sebagai upaya dalam melestarikan ekosistem perairan tawar, sekaligus memperingati Bulan Bung Karno, dan mendorong program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kadis Perikanan I Nyoman Suardana, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Desa Gulingan I Ketut Winarya, Bendesa Adat Gulingan Ida Bagus Gangga, Ketua BPD, LPM, Kelian Dinas Banjar Tengah Gulingan, Seka Truna Banjar Tengah dan masyarakat setempat.

Wabup Suiasa menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa Gulingan beserta dengan jajaran BPD, LPM dan Seka Truna Banjar Tengah, yang telah melaksanakan kegiatan penting, strategis dan bermanfaat dalam rangka melaksanakan kegiatan amanah konstitusional dari pemerintah yang disebut dengan Bulan Bung Karno. Prinsipnya adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan wilayahnya sendiri. “Kegiatan penebaran benih ikan yang dilakukan hari ini termasuk kegiatan yang baik karena bermanfaat dari segi aspek lingkungan, kesehatan, ekonomi, dan aspek sosial,” ujar Wabup Suiasa.

Wabup Suiasa merasa bangga kepada generasi muda yang sudah memiliki suatu pemikiran menjaga, merawat bumi, dan selalu memperhatikan, melestarikan lingkungan. Menurut Suiasa kalau penebaran ikan ini dilakukan, otomatis akan berpengaruh terhadap lingkungan, karena akan menjadi bersih, ikan akan berkembang serta akan berdampak pada kesehatan. “Ini merupakan komitmen kita bersama untuk pelestarian lingkungan yang bersih, menjaga habitat-habitat dan ekosistem air tawar khususnya,” tegas Wabup asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan itu.

Wabup Suiasa berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. Pemerintah Kabupaten Badung pun, lanjutnya, telah menyiapkan bibit ikan yang per tahunnya ditarget 2 juta benih ikan. “Ini adalah bentuk komitmen kami kepada masyarakat untuk mencapai aspek-aspek strategis tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Perbekel Gulingan I Ketut Winarya mengatakan, kegiatan penebaran benih ikan nila ini dalam rangka Bulan Bung Karno. Adapun kegiatan yang sudah dilakukan di Desa Gulingan, selain penanggulangan Covid-19, juga telah dilakukan gotong-royong penanaman 700 pohon dan sekarang dilaksanakan kegiatan tebar benih ikan sebanyak 10 ribu benih ikan nila. “Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat nantinya bagi lingkungan, masyarakat setempat, serta bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,” harap Winarya. *ind

Komentar