nusabali

Zona Hijau Mendominasi Wilayah Kota Denpasar

35 dari 43 Desa/Kelurahan Zona Hijau, Sisanya Zona Kuning

  • www.nusabali.com-zona-hijau-mendominasi-wilayah-kota-denpasar

Walaupun kasus melandai, namun Satgas Covid-19 Kota Denpasar terus meminta warga tidak lengah dan tetap menerapkan prokes dengan ketat.

DENPASAR, NusaBali

Sebanyak 35 desa/kelurahan yang ada di Kota Denpasar kini sudah masuk zona hijau Covid-18 dari 43 desa/kelurahan yang ada di Kota Denpasar. Sementara sisanya masuk zona kuning penyebaran Covid-19. Kasus aktif pada wilayah tersebut berkisar antara nol hingga dua kasus saja.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dihubungi, Minggu (13/6) mengatakan saat ini zona hijau sudah mendominasi di Denpasar. Dari 43 desa/kelurahan, sudah 35 wilayah yang masuk zona hijau. Untuk Kecamatan Denpasar Timur semuanya sudah dinyatakan masuk zona hijau.

Kasus aktif pada wilayah tersebut berkisar antara nol hingga dua kasus saja. “Sanur dan desa/kelurahan penyangga juga hijau mulai dari Renon, Kesiman, Kesiman Kertalangu, Kesiman Petilan dan Serangan,” jelasnya.

Sementara itu, 8 wilayah yang masih zona kuning meliputi Desa Ubung Kaja untuk Kecamatan Denpasar Utara. Kecamatan Denpasar Barat meliputi Desa Padangsambian Kaja, Kelurahan Padangsambian, Desa Pemecutan Kelod, dan Kelurahan Dauh Puri.

Sedangkan untuk Kecamatan Denpasar Selatan, yaitu Desa Pemogan, Kelurahan Panjer dan Desa Sidakarya. “Menurunnya kasus ini mungkin karena masyarakat sudah semakin taat prokes dan gencarnya pelaksanaan vaksinasi yang kami lakukan,” ujar Dewa Rai. Walaupun demikian pihaknya meminta warga tidak lengah dan tetap menerapkan prokes dengan ketat. Sementara itu, setelah libur panjang lebaran tahun 2021 belum terjadi lonjakan kasus Covid-19. “Untuk di Denpasar belum ada lonjakan setelah libur panjang ini. Semoga tidak ada lonjakan,” tandasnya.

Sementara pasien sembuh Covid-19 di Kota Denpasar kini terus bertambah. Pada, Minggu (13/6) pasien sembuh tercatat bertambah 15 orang dan kasus positif Covid-19 sebanyak 11 orang. Sementara kasus meninggal dunia kembali nihil.

“Total kasus aktif menurun di bawah 1 persen. Walaupun kasus menurun tetapi masyarakat harus tetap waspada,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, saat dihubungi, Minggu (13/6).

Secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 15.058 kasus, pasien sembuh 14.620 orang (97,09 persen), meninggal dunia sebanyak 350 orang (2,32 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 88 orang (0,59 persen).

Dewa Rai mengatakan mulai menurunnya tingkat penularan di Kota Denpasar tak lepas dari tindakan pendisiplinan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan melalui tindakan yustisi dan gencarnya  pelaksanaan vaksinasi untuk membentuk herd immunity. *mis

Komentar