nusabali

Bunuh Diri Bek Juve Jadi Gol Perdana

  • www.nusabali.com-bunuh-diri-bek-juve-jadi-gol-perdana

ROMA, NusaBali
Bek tim nasional Turki Merih Demiral masuk catatan sejarah sebagai pencetak gol perdana babak utama Euro 2020. Namun gol bek Juventus itu adalah gol bunuh diri yang membuat tuan rumah Italia unggul 3-0 dalam laga pembuka, di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6) dinihari WITA.

Gol itu tercipta pada menit ke-53, Demiral berusaha menghalau umpan Domenico Berardi, tetapi bola memantul mengenai dadanya sebelum bersarang ke gawang Turki. Itu jadi yang pertama di Piala Eropa, gol pertama satu edisi turnamen adalah gol bunuh diri.

Gol tersebut melegakan para pemain Italia yang dibuat frustrasi pada babak pertama karena bola dua kali mengenai tangan pemain Turki, Caglar Soyuncu dan Zeki Celik, di area terlarang tapi klaim penalti tak dikabulkan wasit Danny Makkelie maupun VAR.

Sebelumnya, kapten Italia Giorgio Chiellini juga nyaris membuka keunggulan tuan rumah saat menyambut bola sepak pojok Lorenzo Insigne. Namun sundulannya ditepis kiper Ugurcan Cakir ke atas mistar gawang.

Juga menit ke-43, tembakan datar Ciro Immobile berhasil diamankan Cakir. Sedangkan gol pembuka tercepat di babak utama Euro masih milik gelandang Yunani, Georgios Karagounis, yang menjebol gawang tuan rumah Portugal pada menit ke-7 di Piala Eropa 2004. Karagounis juga jadi pemain terakhir yang mencetak gol pembuka turnamen sekaligus berakhir dengan gelar juara di ujung turnamen.

Selain Karagounis ada dua nama lain yang pernah mencetak gol pembuka babak utama dan jadi juara di pengujung turnamen, sejak babak utama Piala Eropa menggunakan format grup mulai 1980. Yakni, legenda Prancis Michel Platini pada 1984 dan legenda Jerman Barat Karl-Heinz Rummenige 1980.

Sedangkan era 1960-1976 yang babak utama Euro tak ubahnya empat besar relatif umum untuk pencetak gol pembuka dan timnya jadi runner-up atau juara. *ant

Komentar