nusabali

Andrian Sumantri dan Elrika Trisna Didorong Harumkan Bali di Kancah Duta Bahasa Nasional

  • www.nusabali.com-andrian-sumantri-dan-elrika-trisna-didorong-harumkan-bali-di-kancah-duta-bahasa-nasional

DENPASAR, NusaBali.com –  Duta Bahasa Provinsi Bali 2021 Andrian Sumantri dan Elrika Trisna diharapkan bisa mengharumkan nama Bali saat berkontestasi dalam Dubasnas (Duta Bahasa Nasional).

Harapan ini diungkapkan oleh Ketua Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali Periode 2020-2022, I Made Andityawan, Sabtu (12/6/2021). “Sebagai Duta Bahasa Provinsi Bali Tahun 2021, agar mereka dapat memberikan usaha terbaiknya untuk mengharumkan nama Bali di kancah nasional,” kata Andityawan.

Pesan tersebut ia sampaikan secara daring karena dirinya sedang mengikuti Bimbingan Teknis Abdi Bahasa di Jakarta mewakili Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali.

Andityawan pun mengatakan bahwa menjadi seorang Duta Bahasa merupakan tugas yang mulia sekaligus penuh tantangan. "Duta Bahasa ialah perpanjangan tangan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk turut serta menggemakan Tri Gatra Bangun Bahasa di tengah-tengah masyarakat serta menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan literasi. Maka dari itu, tugas seorang Duta Bahasa sangatlah mulia dan penuh tantangan, " ungkapnya. 

Terlebih lagi, Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali yang dibentuk sejak tahun 2011 ini telah menorehkan beragam prestasi yang luar biasa. "Dalam ajang Duta Bahasa Nasional (Dubasnas), perwakilan Duta Bahasa Provinsi Bali sudah beberapa kali masuk enam besar, bahkan sudah empat kali meraih predikat terbaik satu," papar Andityawan. 

Ketua Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali Periode 2020-2022, I Made Andityawan. -IST

Dalam babak grand final Duta Bahasa Provinsi Bali, Rabu (9/6/2021), Andrian Sumantri dan Erlika Trisna terpilih sebagai pemenang dan dinyatakan mewakili Bali di ajang Dubasnas 2021.

"Saya siap berkontribusi untuk Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali dan akan memberikan yang terbaik dalam ajang Duta Bahasa Nasional nantinya," ungkap pemilik nama  I Gusti Made Andrian Sumantri ini.

Sementara AA Istri Erlika Trisna Dewi juga mengungkapkan hal yang sama. "Pada awalnya saya tidak menyangka bisa jadi juara. Namun, setelah dinobatkan sebagai pemenang, saya merasa harus memenuhi tanggung jawab dan berusaha untuk mengharumkan nama Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali," ungkap jegeg asal Gianyar ini.

Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali berada dibawah naungan Balai Bahasa Provinsi Bali. Setiap tahunnya, finalis yang telah mengikuti hingga ke tahap final akan secara langsung bergabung menjadi anggota atau bagian dari Paguyuban. "Saat ini Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali memiliki 30 orang Pengurus Paguyuban dan ratusan anggota terhitung dari tahun-tahun sebelumnya yang tersebar di seluruh Bali, bahkan ada yang saat ini berada di luar daerah dan luar negeri untuk bekerja maupun menempuh studi,"  jelas Andityawan.

Lebih lanjut, Andityawan berharap seluruh anggota Paguyuban ikut berkontribusi untuk membantu persiapan menuju nasional nantinya. "Saya berharap seluruh anggota paguyuban dapat saling bahu-membahu, berkontribusi dalam persiapan Duta Bahasa Nasional serta menyukseskan program kerja ke depannya yang akan dilaksanakan oleh Paguyuban Duta Bahasa Provinsi Bali," tutupnya. *rma

Komentar