nusabali

BWS Bali-Penida Keruk Sungai Candigara

  • www.nusabali.com-bws-bali-penida-keruk-sungai-candigara

SEMARAPURA, NusaBali
Petugas Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida bersama Dinas Pekerjaan Umum Klungkung, menerjunkan satu unit alat berat untuk mengeruk Sungai Candigara di Banjar Pancingan, Desa Kusambq, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Pengerukan untuk pendalaman dan pelebaran sungai ini sejak Kamis (10/6). Proses pengerukan terus dilakukan pada Jumat (11/6). Untuk mengeruk bagian dasar sungai akan didatangkan kembali sebuah alat berat yang lebih besar agar bisa menjangkau di dasar sungai.

Selain mengeruk Sungai petugas juga membersihkan sampah yang menyangkut di bantaran Sungai Candigara. Di mana sampah ini sebagian besar sudah mengendap hingga menyebabkan pendangkalan sungai. "Menurut warga sekitar, hampir setiap pagi sungai ini seperti tong sampah berjalan. Itu artinya masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai," ujar Bupati Klungkung

Nyoman Suwirta, saat memantau pengerukan itu. Menurut Bupati Suwirta, Klungkung telah membuat aturan agar sampah dipilah dari rumah dan setiap desa wajib menyiapkan tempat olah sampah untuk selesai di sumber. Bupati mengajak semua pihak untuk berkolaborasi menyelesaikan masalah ini bersama-sama. "Mari kita berkolaborasi, karena ini bukan urusan pemerintahan saja tetapi urusan semua," ucapnya.

Sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Klungkung pada Rabu (9/6) pagi membuat aliran sungai Candigara meluap. Akibatnya puluhan rumah tergenang air. *wan

Komentar