nusabali

Sambut EURO 2020, Jersey Prancis dan Jerman Laris Manis di Denpasar

  • www.nusabali.com-sambut-euro-2020-jersey-prancis-dan-jerman-laris-manis-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali.com - Pesta sepakbola Piala Eropa 2021 atau  EURO 2020 yang akan dimulai Sabtu (12/6/2021) dini hari Wita dengan partai Turki vs Italia sebagai laga pembuka mulai membuat demam sepakbola di Kota Denpasar.

Demam para gibol (gila bola) ditandai dengan ramainya toko-toko penjual jersey kontestan turnamen sepakbola terbesar setelah Piala Dunia ini.

jersey tim Euro 2020. Salah satunya adalah toko olahraga Istana Sport di Jalan Sesetan Denpasar. Sejak beberapa hari terakhir, penjualan jersey tim EURO 2020 di toko yang sudah berdiri selama  25 tahun ini mengalami peningkatan tajam, terutama untuk jersey tim unggulan seperti Prancis, Jerman, Inggris, dan Italia.



“Untuk saat ini, seluruh jersey tim unggulan stoknya sudah habis. Dua hari lagi baru akan datang. Itu tidak termasuk jersey Prancis yang paling laku, sekarang lagi sulit di suplier,” ujar Firhat Al-Jaidi, pemilik Istana Sport, Jumat (11/6/2021).  

Peningkatan jumlah minat masyarakat terhadap jersey tim EURO 2020 menurutnya sudah dimulai sejak beberapa minggu terakhir. Meski permintaan tersebut tidak sebanyak seperti pada gelaran-gelaran akbar sepakbola pada saat sebelum adanya pandemi Covid-19.

Diakui jumlah peminat turun hampir 50 persen dibanding gelaran Piala Eropa sebelum-sebelumnya. “Harga jual masih sama, tidak ada kenaikan harga, juga tidak ada potongan harga, satu jersey saya jual rata-rata Rp 90.000,” tambah Firhat.
 
Untuk gelaran Piala Eropa tahun ini tim-tim unggulan masih dialamatkan pada tim-tim tradisional seperti Prancis, Jerman, Inggris, ataupun Italia. Sebagai  mengantisipasi hal tersebut penjual jersey sepakbola fokus untuk memesan jersey tim-tim unggulan untuk mengurangi risiko kerugian.

“Untuk pemesanan kepada suplier minimal jumlahnya satu lusin per negara, jadi kita harus pintar-pintar memiliih tim mana yang kira-kira banyak peminatnya,” tambah pria 20 tahun yang meneruskan usaha orangtuanya ini.

Sementara pada toko olahraga Hawaii Sports, yang berada di seputaran Jalan MH Thamrin, Denpasar kondisinya nyaris serupa. Jersey tim-tim EURO 2020 mulai banyak dicari oleh para fansnya masing-masing.



“Beberapa hari terakhir terjadi peningkatan jersey EURO, terutama tiga hari terakhir,” ujar Cokro Prianto pemilik Hawaii Sports.

Dirinya menambahkan jersey tim-tim seperti Prancis, Jerman, Inggris, Italia, Belanda termasuk yang paling dicari oleh masyarakat. Menurut Cokro dirinya tidak membedakan harga jersey masing-masing tim, ia rata-rata memberikan harga Rp 85.000 untuk setiap jersey.

Cokro tidak berani memprediksi berapa peningkatan jumlah penjualan jersey Euro 2021, mengingat gelaran tersebut belum resmi dimulai. Menurutnya itu juga tergantung lolos tidaknya tim-tim yang dijagokan oleh masyarakat dari babak penyisihan grup.

“Kalau tidak lolos grup, biasanya peminatnya langsung sepi, jadi saya tidak bisa prediksi,” ujar pria yang menjagokan Italia juara Piala Eropa kali ini.

Gelaran Euro 2020 akan berlangsung pada 12 Juni 2021 hingga 12 Juli 2021 di 12 negara yang berbeda. Gelaran Piala Eropa ini merupakan gelaran yang seharusnya berlangsung pada tahun lalu, namun karena merebaknya wabah Covid-19, gelaran empat tahunan tersebut terpaksa dilaksanakan pada tahun ini, tentu masih dengan protokol kesehatan Covid-19.  *adi

Komentar