nusabali

Jersey Ukraina Bikin Rusia Marah

  • www.nusabali.com-jersey-ukraina-bikin-rusia-marah

MOSKOW, NusaBali
Krisis politik Rusia dan Ukraina melebar ke lapangan hijau menjelang Euro 202.

Pasalnya, Asosiasi Sepak Bola Ukraina (UAF) menyematkan unsur geo-politik dalam seragam Euro 2020. Jersey Ukraina menampilkan peta negara termasuk Semenanjung Krimea, yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014. Menurut UAF, seragam baru tersebut menampilkan garis besar perbatasan Ukraina, dan juga olahraga slogan nasionalis, "Kemuliaan bagi Ukraina, kemuliaan bagi para pahlawan!"

UEFA menyetujui rancangan dan desain jersey Timnas Ukraina untuk Euro 2020 meski Rusia marah dengan hal tersebut. Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut desain itu sebagai tindakan "putus asa", sedangkan seorang anggota parlemen dan mantan petinju Nikolai Valuev menyebut seragam itu sebagai "upaya yang tidak pantas untuk mempolitisasi olahraga."

"Mereka dapat bermimpi tentang apa yang mereka inginkan, tetapi Krimea bagian dari Federasi Rusia. No debate!"" kata Valuev, "

Ukraina dan Rusia sama-sama lolos, namun aturan UEFA sejak 2014 untuk memisahkan tim nasional kedua negara dan tim klub mencegah mereka untuk diundi bersama. Hasil undian babak grup Euro 2020 juga mencegah Ukraina dan Rusia untuk saling berhadapan di 16 besar. *

Komentar