nusabali

Bupati Cegah Pengurus LPD Tersandung Hukum

  • www.nusabali.com-bupati-cegah-pengurus-lpd-tersandung-hukum

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana mengundang Kajari Karangasem Aji Kalbu Pribadi sebagai pembicara dalam workshop pengelolaan Lembaga Perkreditan Desa LPD) di aula Nawa Satya Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Kamis (10/6).

Peserta workshop secara tatap muka sebanyak 60 pengurus LPD dan 130 pengurus LPD lainnya mengikuti secara virtual. Workshop bertujuan mencegah terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan yang berujung pada proses hukum.

Bupati Gede Dana mengaku menggelar workshop agar dapat arahan dari Kajari Karangasem. Harapannya seluruh LPD di Karangasem dalam kondisi sehat. Jika LPD sehat dan besar, otomatis mendatangkan keuntungan dan digunakan membiayai pembangunan desa. “Bagi LPD yang telah maju, hendaknya turut membantu permodalan UMKM di desanya. Sehingga masyarakat memanfaatkan langsung LPD yang berperan sebagai penggerak ekonomi kerakyatan,” pinta Bupati Gede Dana.

Kajari Karangasem Aji kalbu Pribadi mengingatkan pengurus LPD tidak melakukan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan. Sehingga terhindar dari tindak pidana korupsi, penggelapan atau gugatan perdata. Kejari Karangasem tidak serta merta melakukan penyelidikan, namun mengutamakan preventif atau pencegahan. “Bukan sebuah prestasi jika mampu mempidanakan saudara-saudara pengurus LPD,” kata Aji Kalbu Pribadi. Namun Kejari Karangasem akan melakukan tindakan tegas jika ada laporan masyarakat terkait dugaan penyelewengan. Kajari Aji kalbu Pribadi juga meminta semua LPD diaudit secara berkala untuk mencegah terjadinya penyimpangan. Optimalkan fungsi pengawasan melalui BKSLPD (Badan Kerja Sama Lembaga Perkreditan Desa) di bawah binaan PT Bank BPD Bali. *k16

Komentar