nusabali

Adi Arnawa Ajak Krama Berdoa Supaya Covid-19 Cepet Berlalu

Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Desa Adat Pelaga

  • www.nusabali.com-adi-arnawa-ajak-krama-berdoa-supaya-covid-19-cepet-berlalu

MANGUPURA, NusaBali
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bupati Badung menghadiri upacara melaspas dan mendem pedagingan di Pura Puseh, Desa Adat Pelaga, Kecamatan Petang, Kamis (10/6).

Adi Arnawa juga mengajak krama berdoa supaya Covid-19 cepet berlalu. Pada kesempatan itu, Sekda Adi Arnawa turut ngayah melaksanakan prosesi mendem pedagingan di salah satu palinggih didampingi Mangku Gede Pura Luhur Pucak Mangu. Upacara yang dipuput Ida Pedanda Griya Sidemen Gulingan Mengwi tersebut turut dihadiri oleh anggota DPRD Badung IB Alit Argapatra, IGAA Inda Trimafo Yudha, Ketua TP PKK Ny. Seniasih Giri Prasta, Kadisbud Badung Gde Eka Sudarwita, MDA Badung AA Putu Sutarja, Camat Petang Wayan Darma beserta tokoh masyarakat Desa Pelaga.

Pada kesempatan itu, Sekda Adi Arnawa menyampaikan rasa bangga dan bahagia bisa hadir untuk ngaturang ayah dan sembah bakti kehadapan Ida Betara yang berstana di Pura Puseh Desa Adat Pelaga. “Kami mewakili Bapak Bupati Badung pada kesempatan ini merasa sangat senang bisa ikut ngaturang ayah dan sembah bakti kehadapan Ida betara yang melingga di Pura Puseh Desa Adat Pelaga,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Adi Arnawa. Upacara melaspas bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan benda ataupun bangunan baru secara niskala, sebelum digunakan dan dipakai untuk kegiatan adat. “Dalam menggelar upacara yadnya hendaknya masyarakat ikut ngrastitiang jagat supaya alam semesta beserta isinya memperoleh keselamatan, kedamaian, dan keharmonisan dengan mengedepankan rasa segilik seguluk dan sebayantaka,” kata Adi Arnawa.

“Mari kita berdoa semoga Covid-19 ini cepet berlalu, sehingga masyarakat Desa Adat Pelaga memperoleh kedamaian kebahagiaan dan kelimpahan rezeki,” imbuh birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan itu.

Sementara itu Bendesa Adat Pelaga Ketut Budayasa, mengucapkan banyak terima kasih kepada Sekda Badung I Watan Adi Arnawa, yang mewakili Bupati Badung sudah hadir di tengah-tengah masyarakat Pelaga, serangkaian upacara melaspas dan mendem pedagingan di Pura Puseh, Desa Adat Pelaga. *asa

Komentar