nusabali

Bupati Suwirta Resmikan Pembangunan TPS3R Akah

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-resmikan-pembangunan-tps3r-akah

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) di Desa Akah, Kecamatan Klungkung, Rabu (9/6).

Peresmian ditandai peletakan batu pertama pembangunan oleh Bupati. Bupati didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Klungkung I Ketut Suadnyana. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung Anak Agung Gde Lesmana, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Perumahan Klungkung I Made Jati Laksana, dan perangkat Desa Akah serta undangan terkait lainnya.

Pembangunan TPS3R Reguler Kabupaten Klungkung itu menggunakan dana APBN Rp 600 juta, dana swadaya masyarakat Rp 1.600.000, dan dana APBDes Rp 99.898.670. Lama pengerjaan 104 hari kalender, pelaksana KSM Bangun Lestari dengan luas bangunan 23 Are.

Pj Perbekel Desa Akah Putu Gede Susila, dalam sambutannya, mengharapkan TPS3R dapat menjadikan Desa Akah desa bersih dari sampah.  

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan Pemkab Klungkung sangat serius dalam menangani permasalahan sampah. “Mengelola sampah tidak semudah yang dibicarakan. Butuh komitmen dan kesungguhan, serta dukungan diri sendiri dan masyarakat dalam melakukan pola memilah sampah dari sumber,” pesan Bupati Suwirta.

Bupati berharap perangkat desa dan pengelola TPS3R agar nanti mengoperasikan TPS3R ini dengan baik. Dengan TPS ini Desa Akah akan terbebas dari sampah. Kompos TPS3R dapat digunakan untuk berkebun hingga memperindah tampilan desa. Maka masyarakat akan bahagia. Indikator keberhasilan pengelolaan sampah, apabila di lingkungannya tidak terdapat sampah sama sekali, terutama sampah plastik. “Saya beserta instansi terkait akan kawal terus pengoperasian pengelolaan sampah di TPS3R Desa Akah,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menyampaikan terimakasih kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali dan Pemprov Bali atas bantuannya dalam membangun TPS3R.*wan

Komentar