nusabali

Dipicu Api Dupa, Rumah di Desa Patas Ludes Terbakar

  • www.nusabali.com-dipicu-api-dupa-rumah-di-desa-patas-ludes-terbakar

SINGARAJA, NusaBali
Satu unit bangunan rumah di Banjar Dinas Merta Sari, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, terbakar pada Selasa (8/6) malam sekitar pukul 23.45 Wita.

Rumah semi permanen itu terbakar beserta barang berharga di dalamnya. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun diduga dipicu api dupa. Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya dikonfirmasi pada Rabu (9/6), mengatakan peristiwa kebakaran melanda rumah milik warga setempat bernama Kadek Arya Dana, 31. Rumah berukuran sekitar 6 meter x 5 meter dengan lantai semen dan dinding batako itu terbakar saat ditinggal pergi pemiliknya.

Peristiwa ini kali pertama diketahui saksi yang merupakan tetangga korban bernama Wayan Suasana, 37. Saat itu saksi mata melihat kobaran api dari arah rumah korban. Saksi kemudian berteriak meminta bantuan tetangga rumah untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

Beruntung api berhasil dijinakkan beberapa jam setelahnya dengan bantuan warga, dan tidak merembet ke rumah tetangga.

“Dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa atau luka-luka. Saat kejadian, rumah dalam kondisi kosong ditinggal pemiliknya bepergian. Namun barang-barang korban tak ada yang berhasil diselamatkan, kerugian masih dihitung,” kata Iptu Sumarjaya.

Iptu Sumarjaya mengungkapkan, dari hasil penyelidikan, kebakaran diduga disebabkan api sisa pembakaran dupa. Pasalnya, saksi kali pertama melihat api muncul dari plangkiran di sisi pojok sebelah timur rumah. “Dugaan ini juga diperkuat dengan pengakuan korban yang sebelumnya sempat melaksanakan persembahyangan,” ucap Iptu Sumarjaya. *mz

Komentar