nusabali

Serombotan Ini Wajib Dicoba, Dijamin Bikin Ketagihan

  • www.nusabali.com-serombotan-ini-wajib-dicoba-dijamin-bikin-ketagihan

DENPASAR, NusaBali.com - Bagi penghobi kuliner sayur-sayuran di Bali tentu tidak asing dengan menu makanan yang satu ini. Ya, serombotan yang terdiri dari aneka sayur-sayuran dan kacang-kacangan dicampur dengan bumbu kelapa dan sambal yang pedas dipastikan membuat lahap siapapun yang menyantapnya.

Serombotan yang dikenal berasal dari daerah Klungkung tersebut memiliki berbagai jenis varian, baik dari jenis sayuran yang disajikan maupun dari bumbu kelapa atau sambal yang digunakan. Sehingga selain dikenal adanya serombotan Klungkung, juga dikenal serombotan lainnya yang juga memiliki rasa yang unik.


Untuk merasakan bumbu kelapa dan sambal serombotan yang dijamin akan membuat ketagihan, pecinta kuliner wajib mencoba serombotan yang dibuat oleh Ni Wayan Bakti, 61, yang sehari-hari berjualan di Pasar Desa Adat Sesetan.

Ketika mencoba serombotan buatannya, memang terasa berbeda dibanding ketika mencicipi serombotan khas Klungkung atau Gianyar misalnya. Sambalnya terlihat lebih kental, dan aromanya lebih kuat. Sepintas rasanya seperti  mencicipi masakan-masakan yang banyak disajikan di daerah Bali timur tepatnya, daerah Karangasem.

Ketika ditemui di kediamannya di seputaran Sesetan, Denpasar, Rabu (9/6/2021), Ni Wayan Bakti mengungkapkan resep serombotannya. “Memang terasa beda jika dibandingkan dengan serombotan lainnya yang dari Klungkung atau Gianyar. Bedanya kemungkinan dari bahan-bahan yang ada di sambalnya. Kalau dari bumbu kelapanya kurang lebih sama,” ujar perempuan yang sudah hampir 25 tahun berjualan serombotan tersebut.

Menurutnya sambal serombotan yang dibuatnya selain berbahan dasar cabai juga ditambahkan dengan kacang tanah yang digoreng dan ditumbuk bersama dengan cabai yang sebelumnya direbus. “Untuk sambal saya memakai kacang tanah yang digoreng dan ditumbuk bersama cabai yang direbus. Ditambah tomat yang diparut, garam dan terasi yang dibakar. Itu semua dicampur dengan air rebusan cabai sebelumnya agar terasa pedasnya,” ujar perempuan asal Desa Selumbung, Manggis, Karangasem.

Dirinya menambahkan jika sambal serombotan dari Klungkung umumnya tidak menggunakan kacang tanah atau kalau menggunakan hanya sedikit  pada sambalnya. Sementara sambal buatan Bakti, menggunakan komposisi kacang tanah goreng yang cukup dominan.

Sementara untuk bumbu kelapanya, resep nenek sembilan cucu tersebut hampir sama dengan kebanyakan bumbu serombotan lainnya yang terdiri dari, kelapa yang dibakar, kencur, bawang putih, cabai besar, bawang putih, dan lengkuas. 


Bakti menuturkan jika persiapan dalam membuat serombotan yang akan dijualnya memerlukan waktu hampir sehari penuh. Mulai dari berbelanja di pasar pada pagi hari, merebus sayuran, sampai membuat bumbu dan sambal.

Bagi pecinta kuliner tradisional Bali khususnya sayur-sayuran dapat mencoba menu serombotan buatan Ni Wayan Bakti yang berjualan di Pasar Desa Adat Sesetan mulai jam 18.00 sampai 21.00 Wita atau sampai habis.  Selain serombotan, pembeli juga dapat mencoba menu makanan tradisional Bali lainnya seperti pepes celengis (ampas parutan kelapa yang diperas untuk membuat minyak kelapa) dan pepes ikan.

Untuk diketahui, serombotan merupakan kuliner sederhana yang terdiri dari beragam sayuran dan kacang-kacangan. Umumnya sayur terdiri dari sayur kangkung, bayam, kacang panjang, pare, terong, sampai sayur kecambah. Sementara itu kacang-kacangan biasanya menggunakan kacang tanah dan kacang merah. Menu tersebut diurap bersama dengan bumbu kelapa parut yang dibakar dan sambal yang pedas, yang tentunya akan menjadi pilihan santapan yang nikmat juga sekaligus sehat. *adi

Komentar