nusabali

PKB XLIII Dibuka Presiden Joko Widodo Secara Virtual pada 12 Juni 2021

  • www.nusabali.com-pkb-xliii-dibuka-presiden-joko-widodo-secara-virtual-pada-12-juni-2021

DENPASAR, NusaBali.com – Pesta Kesenian Bali XLIII tahun 2021 secara resmi dimulai Sabtu (12/6/2021).  Istimewanya, Presiden Joko Widodo yang akan membuka pesta kesenian terbesar di Bali ini dari Istana Negara di Jakarta pada pukul 11.00 Wita.

Situasi pandemi Covid-19 membuat kepala negara tidak bisa hadir langsung di Pulau Dewata sebagaimana yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya, kecuali tahun 2020 saat PKB ditiadakan karena pandemi baru melanda tanah air.

PKB yang akan berlangsung hingga 10 Juli 2021 ini  akan dilangsungkan secara hybrid, yakni, kombinasi antara luring/offline dan daring/online. Sejumlah pembatasan pun dilakukan saat luring, termasuk pembukaan yang dipustakan di Gedung Ksiarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali atau dikenal dengan Art Centre.

“Gedung Ksirarnawa sejatinya mampu menampung sebanyak 500 orang, namun pada kesempatan tahun ini dibatasi hanya 200 orang,” kata Ni Wayan Sulastri, Kepala Bidang Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Provinsi Bali, Rabu (9/6/2021).

Pembatasan jumlah hadirin ini mempertimbangkan penerapan prokes dengan ketat, dengan menjaga jarak. Bahkan undangan harus mengantongi hasil negatif swab test. Adapun para undangan yang hadir merupakan para pejabat dan budayawan, salah satunya ialah I Made Bandem.

Persiapan yang telah dilakukan oleh panitia pun sudah final, dan tinggal menunggu konfirmasi dari pejabat-pejabat undangan. Tim rekaman dan Rektor ISI Wayan Adnyana juga sudah bertolak menuju Istana Negara untuk melakukan persiapan teknis rekaman bersama Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana.

Sementara itu bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pembukaan Pesta Kesenian Bali XLIII tahun 2021 bisa melalui televisi nasional TVRI dan Bali TV. “Karena situasi masih dalam masa pandemi, maka dari itu masyarakat luas belum dapat hadir untuk menyaksikan aacara pembukaan Pesta Kesenian Bali XLIII tahun 2021,” tambah Kordinator Tim Kreatif PKB XLIII tahun 2021 Kadek Wahyu Dita.

Dita pun menambahkan bahwa gedung Kisrarnawa nantinya akan didekorasi dengan tema alam, dan akan dilakukan pada hari Jumat (11/6/21). Dirinya pun berharap agar acara pembukaan berjalan sesuai dengan rencana dan lancar.

Tema PKB XLIII tahun 2021 adalah Purna Jiwa: Prananing Warna Kerthi (jiwa paripurna napas pohon kehidupan) yang bermakna memuliakan pohon/hutan sebagai simfoni harmoni semesta raya menuju kesejahteraan hidup dengan jiwa yang maha sempurna. Adapun susunan acara pembukaan PBK XLIII tahun 2021 yang pertama ialah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa, lalu Tari Baris Anak-Anak “Bandana Manggala Yuda”, lalu memutar video teaser PKB XLIII tahun 2021, lalu ada laporan dari Gubernur Bali I Wayan Koster, setelah itu sambutan Presiden RI Joko Widodo sekaligus membuka PKB XLIII tahun 2021 ditandai dengan penancapan kayonan, lalu menayangkan video Peed Aya (pawai) Pratiti Warna Kerthi, dan Rekasadana (pergelaran) sendratari Wreksa Kastuba garapan ISI Denpasar. *rma

Komentar