nusabali

Undiksha Sabet Juara Umum IMBASADI 2021

  • www.nusabali.com-undiksha-sabet-juara-umum-imbasadi-2021

SINGARAJA, NusaBali
Prestasi tingkat nasional kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja.

Kali ini, mereka berhasil menyabet juara umum pada ajang serangkaian Sarasehan Nusantara VIII Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia (IMBASADI) 2021, secara daring yang diumumkan pada Minggu (6/6) lalu.

Mahasiswa Undiksha berhasil meraih gelar juara pada tujuh bidang perlombaan. Pertama, Juara I Lomba Poster Ilmiah yang diraih Luh Putu Juni Ari Setia Dewi. Kedua, Juara I Lomba Video Dokumentar Budaya dengan delegasi Made Danuarta, Putu Ayu Evanti Andriani, Ni Putu Nevi Cahyana Dewi, Ketut Yudi Dharma Saputra, Putu Dani Arya Saputra, Luh Putu Juni Ari Setia Dewi, Putu Putri Maharani, Ni Ketut Ayu Nita Trisnayanti, Ida Bagus Mas Abdi Putra, Putu Suwidnyana, dan Ni Wayan Dewinta Tirta Sintyawati.

Tim tersebut juga berhasil meraih Juara I Lomba Drama Nusantara. Keempat, mahasiswa Undiksha juga meraih Juara I Lomba Karya Ilmiah yang diraih Ida Bagus Mas Abdi Putra. Ditambah lagi Juara I Putri IMBASADI yang diraih Ni Ketut Ayu Trisnayanti. Serta Juara Video Orasi Putra IMBASADI yang diraih Ketut Yudi Darma Saputra.

Tim mahasiswa Undiksha juga berhasil meraih sejumlah predikat lain. Yakni Juara Berbakat Putra-Putri IMBASADI 2021 yang diraih Ketut Yudi Darma Saputra dan Ni Ketut Ayu Nita Trisnayanti. Juara II Lomba Tari Nusantara dengan delegasi Putu Ayu Evanti Andriani, Ni Putu Nevi Cahyana Dewi, dan Putu Putri Maharani.

Prestasi cukup membanggakan juga diraih melalui lomba musikalisasi puisi. Delegasi yang terdiri dari Made Danuarta, Ketut Yudi Darma Saputra, Putu Dani Arya Saputra, Ni Luh Putu Juni Ari Setia Dewi, Ni Wayan Dewinta Tirta Sintyawati, dan Gede Agus Suyasa, berhasil meraih juara harapan III.

Salah satu perwakilan mahasiswa Undiksha, Ida Bagus Mas Abdi Putra mengungkapkan, para delegasi mengirimkan karya dan selanjutnya dinilai oleh para juri. Butuh waktu selama dua bulan menyiapkan karya terbaik untuk lomba yang sepenuhnya digelar secara daring ini. "Tentu prestasi ini membuat kami senang. Undiksha mampu sebagai juara umum," ujar Abdi, Selasa (8/6) siang.

Keberhasilan itu membuat mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah yakin, bahwa bahasa daerah akan menjadi bagian dari kebudayaan yang tak akan pernah luntur. "Lewat ajang ini, banyak sekali pelajaran yang kami dapatkan. Salah satunya budaya itu bisa bersaing dalam bidang apapun," tandas maasiswa yang kini menempuh semester IV ini.

Prestasi membanggakan yang berhasil diraih mahasiswa Undiksha ini menuai apresiasi dari Ketua Jurusan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Undiksha, I Wayan Artika. Wayan Artika mengaku sangat bangga dengan prestasi mahasiswanya ini dan diharapkan dapat bertahan pada ajang selanjutnya. Peningkatan prestasi terus diupayakan, termasuk pada ajang lain.

Pihak jurusan akan memetakan potensi mahasiswa sehingga peluang juara menjadi lebih besar. "Jurusan juga tetap mengoptimalkan komunikasi dan menjelaskan betapa pentingnya sebuah kompetisi dalam rangka meningkatkan prestise lembaga. Kemudian memanfaatkan pula organisasi kemahasiswaan dan peran pembimbing yang semakin maksimal," kata Wayan Artika.

Apresiasi senada juga disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof I Wayan Suastra. Prestasi ini disebut membuktikan para mahasiswa tetap memiliki tekad meningkatkan prestasi pada masa pandemi Covid-19. "Prestasi ini sangat penting untuk meningkatkan daya saing mahasiswa maupun lembaga di tingkat nasional maupun internasional. Tentu capaian ini sangat kami apresiasi," kata Suastra. *mz

Komentar