nusabali

Wabup Suiasa Beri Pengarahan kepada Duta Utsawa Dharma Gita Badung

Wakili Provinsi Bali dalam Lomba Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-beri-pengarahan-kepada-duta-utsawa-dharma-gita-badung

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa memberikan pengarahan kepada duta utsawa dharma gita Badung, yang mewakili Provinsi Bali dalam lomba utsawa dharma gita tingkat nasional 2021.

Acara yang dilaksanakan di Kediaman Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung I Wayan Sudiasa, Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat, Senin (7/6), turut dihadiri Widya Sabha Provinsi Bali Prof Dr I Made Surada MAg, Kadis Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha, Widyasabha Kabupaten Badung I Wayan Sudiasa, pembina dari Widya Sabha Provinsi dan Widya Sabha Kabupaten Badung serta duta Utsawa Dharma Gita Kabupaten Badung.

“Selamat dan sukses bagi duta utsawa dharma gita Kabupaten Badung yang akan mengikuti lomba nanti di tingkat Nasional 2021. Lakukan yang terbaik untuk Badung dan Bali. Tidak kalah penting, ajang ini diharapkan dapat memperkokoh rasa saling asah, asih, dan asuh masyarakat dan insan se-dharma dalam menghadapi dampak negatif globalisasi dan teknologi informasi,” ujar Wabup Suiasa.

Lebih lanjut dikatakan, utsawa dharma gita merupakan upaya mengajegkan sastra budaya dan agama, di mana arus global yang terus merangsek dengan budayanya yang begitu kuat. Kalau ini tidak cepat dan dilakukan secara bersama-sama untuk melestarikan, ditakutkan nanti generasi muda melupakan dharma gita ini. “Saya berharap utsawa dharma gita menjadi bagian yang tidak terpisahkan di masyarakat untuk bisa bersaing hari ini dan di masa mendatang dalam partisipasinya membangun NKRI yang kita cintai ini,” imbuh Wabup asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, tersebut.

Untuk memberikan semangat dan motivasi, Wabup Suiasa secara pribadi menyerahkan dana motivasi sebesar Rp 5 juta, yang diterima langsung oleh Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung I Wayan Sudiasa.

Sementara itu Ketua Widya Sabha Badung I Wayan Sudiasa, menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, serta bimbingan dari Dinas Kebudayaan Badung yang tidak henti-hentinya memberikan semangat, baik support serta ruang dan waktu bagi Widyasabha Badung. Pihaknya melaporkan bahwa lomba utsawa dharma gita tingkat nasional 2021, perwakilan anak-anak dari 6 Kecamatan se-Badung, di mana nantinya akan dilaksanakan secara virtual mengingat pandemi Covid-19.

“Dengan apa yang telah diraih selama ini oleh duta Kabupaten Badung, akan terus menjadi nafas dan semangat kami seperti puputan Badung, dengan wirang dan jengah untuk nindihin Gumi Badung untuk Bali. Tuntunan restu baik moril dan penyemangat sangat berarti bagi kami beserta para duta Badung yang akan melakukan lomba nantinya,” kata Sudiasa.

Ditambahkan Ketua Widya Sabha Provinsi Bali Prof Dr I Made Surada MAg, sekalipun lomba utsawa dharma gita dilakukan dengan virtual, pihaknya berharap adik-adik dari Badung yang menjadi duta untuk provinsi Bali tetap melakukan yang terbaik. “Kami mengucapkan terima kasih kepada para pembina pemerintah Kabupaten Badung dan semua yang terlibat di dalamnya yang bahu-membahu memberikan dorongan kepada adik-adik yang mewakili Bali di tingkat nasional,” katanya.

Dalam lomba utsawa dharma gita nanti yang menjadi materi utama di antaranya pembacaan sloka, palawakya, kakawin, kidung, geguritan, dharma wacana berbahasa Bali, dharma wacana berbahasa Inggris, dharma widya, dan menghafal sloka. “Kami yakin dan percaya prestasi duta Bali dari Kabupaten Badung sudah tidak diragukan lagi, dengan apa yang telah diraih dan ditunjukkan selama ini,” tandasnya. *ind

Komentar