nusabali

Tepis Pandemi, Argentina Tetap Ikut Copa America

  • www.nusabali.com-tepis-pandemi-argentina-tetap-ikut-copa-america

BUENOS AIRES, NusaBali
Abaikan kekhawatiran terkait pandemi virus corona, Argentina mengonfirmasi keikutsertaannya dalam Copa America yang akan digelar di negara tetangga Brasil, pada 13 Juni hingga 11 Juli 2021.

Laga perdana Copa America dimulai dengan laga tuan rumah Brasil kontra Venezuela di Brasilia, Minggu (13/6). Sedangkan laga pertama Argentina akan melawan Chile di Rio de Janeiro.

“Partisipasi Argentina di Copa America sebagaimana tercermin dari sportifitasnya sepanjang sejarah," bunyi pernyataan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA), Senin (7/6).

Argentina awalnya ditunjuk menjadi tuan rumah Copa America bersama Kolombia, namun pekan lalu badan sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) memutuskan memindahkannya ke Brasil. Hal itu karena pandemi Covid-19 di Argentina sangat tinggi, sedangkan di Kolombia terjadi kisruh politik yang berkepanjangan.

AFA pun merilis pernyataan itu menyusul desas-desus yang menyebutkas, Argentina akan menarik diri dari Copa America karena situasi pandemi virus corona di Brasil.

Lebih lanjut, AFA menyatakan akan menyediakan semua peralatan yang diperlukan untuk menjamin perawatan khusus sebagai upaya memenuhi protokol kesehatan selama berlangsungnya Copa America.

Meski demikian, beberapa pemain dan pelatih yang akan ambil bagian dalam ajang tersebut mempertanyakan kelangsungan Copa America tahun ini.

“Copa America tahun ini mengkhawatirkan. Brazil bukan tempat terbaik,“ kata pelatih Argentina Lionel Scaloni, Rabu lalu.

Selain itu, pelatih Chile asal Uruguay Martin Lasarte menambahkan keputusan untuk tetap menggelar Copa America di Brasil memiliki risiko yang sangat besar. *ant

Komentar