nusabali

Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Melukis Bung Karno

  • www.nusabali.com-dinas-perpustakaan-gelar-lomba-melukis-bung-karno

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem bekerja sama dengan KLK (Komunitas Literasi Karangasem) menggelar lomba melukis dan mewarnai gambar Bung Karno secara virtual. Lomba ini melukis dan mewarnai ini diikuti oleh murid TK.

Sementara siswa SD melukis seribu wajah Bung Karno. Lomba ini serangkaian perayaan Bulan Bung Karno dan HUT ke-381 Kota Amlapura. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem I Wayan Astika, mengatakan lomba bertujuan meningkatkan minat literasi siswa melalui menggambar. Juga memperkenalkan proklamator Indonesia, Bung Karno. Tema lomba tingkat SD melukis seribu wajah Bung Karno. Para siswa bebas berekspresi melukis wajah Bung Karno sedang beraktivitas apa saja. Kriteria penilaian sesuai ide (kesesuaian tematik konseptual), kreativitas (keunikan dan daya cipta), dan harmoni (komposisi bentuk dan warna). Peserta melukis di atas kertas gambar ukuran A4 dan warna lukisan bebas.

Semua proses tahapan melukis seribu wajah Bung Karno direkam dan divideokan. Video dikirim ke panitia paling lambat tanggal 21 Juni 2021 ke email [email protected] Sedangkan lomba mewarnai gambar Bung Karno, panitia mengirim sket gambar. Kriteria penilaiannya, finishing (kerapian dan kebersihan), motorik (kecermatan atau ketelitian), dan harmoni (komposisi warna) agar tepat dan serasi. Proses mewarnai divideokan kemudian disetor ke panitia. Dewan juri melakukan penilaian melalui tayangan video tersebut. Dalam video mesti menyertakan nama dan asal sekolah.

Ketua Panitia Lomba, I Ketut Suardana, mengatakan proses mewarnai gambar Bung Karno agar diperlihatkan secara utuh di video dari awal hingga akhir.  Lomba untuk mencari bakat-bakat siswa bidang seni. Walau lomba digelar secara virtual, tidak mengurangi semangat siswa untuk berkreativitas. Dewan juri yakni Komang Dwika Adiyana, I Nyoman Pasek Astawa, dan I Wayan Runten. *k16

Komentar