nusabali

Pemerintah Pusat Target Vaksinasi di Daerah 70 Persen dari Jumlah Penduduk

  • www.nusabali.com-pemerintah-pusat-target-vaksinasi-di-daerah-70-persen-dari-jumlah-penduduk

SINGARAJA, NusaBali
Pemerintah pusat menaikkan target vaksinasi di masing-masing daerah sebesar 70 persen dari total jumlah penduduk.

Peningkatan target tersebut membuat Kabupaten Buleleng kembali akan mendapatkan tambahan vaksin sebanyak 50.000 dosis, yang akan tiba di Buleleng hari ini Selasa (8/6). Seluruh masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas ditargetkan mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis.

Regulasi terbaru dari pemerintah pusat mengenai target vaksinasi itu disampaikan Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, saat ditemui pada Senin (7/6) sore. Skema terbaru vaksinasi itu akan membuat target sasaran vaksin di Kabupaten Buleleng berubah sekitar 578 ribu jiwa dari total 791 ribu lebih penduduk Buleleng.

“Target sebelumnya sesuai dengan KC PEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) 117 ribu jiwa itu kita di Buleleng sudah di atas 100 persen. Tetapi dengan skema baru pusat ini target vaksinasi menjadi 578 ribu jiwa masyarakat Buleleng yang akan divaksin,” ucap Suyasa yang juga Sekda Buleleng.

Penambahan dosis vaksin selanjutnya, menurut Suyasa, sesuai arahan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng Putu Agus Suradnyana, tak memerlukan skala prioritas. Hal itu disebabkan jumlah sasaran vaksin 578 ribu jiwa hampir mendekati jumlah penduduk Buleleng yang layak mendapatkan vaksin. “Penduduk Buleleng yang berusia 18 tahun ke atas berjumlah 593 ribu jiwa, sehingga hampir semua yang layak divaksin nanti akan mendapatkan vaksin. Ini juga membuat Satgas tak ada lagi yang harus diprioritaskan,” imbuh Suyasa.Namun Satgas Kabupaten tetap melakukan pemetaan distribusi tambahan vaksin yang akan diterima hari ini. Puluhan ribu dosis vaksin itu akan kembali disebar di seluruh desa di Buleleng termasuk Kecamatan Buleleng yang sempat mendapatkan pola tuntas wilayah belum lama ini. Tambahan vaksin sebanyak 50.000 dosis itu pun ditargetkan tuntas paling lambat pada Jumat (25/6) mendatang.

Sementara itu, progres vaksinasi di Kabupaten Buleleng dilaksanakan di 30 titik vaksinasi hingga Senin (7/6), sesuai target KC PEN sebanyak 117.577 orang sasaran, yang sudah mendapatkan vaksin dosis I sebanyak 149.858 orang atau 127,22 persen. Sedangkan vaksin dosis II masih berjalan di angka 53.263 orang atau 45,33 persen. Jumlah capaian vaksinasi di Buleleng terus dikejar untuk secepatnya dapat dituntaskan.

Sedangkan perkembangan kasus Covid-19 di Buleleng sejak sepekan belakangan mulai melandai. Seperti Senin kemarin jumlah kasus konfirmasi positif baru yang ditemukan hanya satu orang dari Kecamatan Seririt. Pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 3 orang, yang dua orang berasal Kecamatan Buleleng dan satu orang dari Kecamatan Seririt. Perkembangan data Covid-19 itu membuat jumlah kasus konfirmasi kumulatif berjumlah 4.029 orang. Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 mencapai 94,93 persen atau 3.825 orang. Jumlah kasus kematian sebanyak 168 orang, dan sebanyak 36 orang masih menjalani perawatan. *k23

Komentar