nusabali

Lomba Bapang Barong PKB XLIII, Duta Denpasar Tampil Maksimal

  • www.nusabali.com-lomba-bapang-barong-pkb-xliii-duta-denpasar-tampil-maksimal

DENPASAR, NusaBali
Duta kesenian Kota Denpasar kembali sukses membawakan penampilan yang maksimal dan apik pada ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII.

Kali ini datang dari Sekaa Gong Sancaya Kanthi, Desa Adat Kesiman, Denpasar Timur yang memberikan performa terbaiknya saat pelaksanaan perekaman Wimbakara (Lomba) Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Bali (Art Center) Denpasar, Minggu (6/6) malam.

Tampak hadir memberikan dukungan, yakni Walikota Denpasar IGN Jaya Negara bersama Ny Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Pj Sekda Kota Denpasar I Made Toya, Kadis Kebudayaan IGNB Mataram, Kabag Humas dan Protokol Dewa Gede Rai serta jajaran Tim Kesenian Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara mengaku bangga seluruh duta kesenian Kota Denpasar dapat menunjukan penampilan yang maksimal. "Tentu kami sangat bangga dan memberikan apresiasi bagi duta kesenian Kota Denpasar yang telah mampu menunjukkan performa terbaik, seperti hari ini pada Lomba Barong Ket dan Mekendang Tunggal yang juga telah tampil apik dan maksimal," ujar Jaya Negara.

Selebihnya Jaya Negara berharap, dengan maksimalnya penampilan Sekaa Barong Duta Kota Denpasar ini dapat memberikan hasil yang terbaik. “Kita hormati penilaian dewan juri, dan dengan penampilan maksimal ini kita berharap dapat menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Koordinator Sekaa, I Made Nadi mengatakan Tari Barong merupakan salah satu tarian yang berasal dari Bali yang menceritakan tentang mitologi gambaran binatang yang memiliki kekuatan gaib dan dapat melindungi manusia dari serangan mahkluk jahat.

"Tarian ini merupakan peninggalan kebudayaan Pra-Hindu yang melambangkan pertempuran antara Kebaikan (Dharma) dan Kejahatan (Adharma). Kebaikan dan Kejahatan selalu berdampingan atau yang disebut juga Rwa Bhineda," jelasnya. Dikatakannya, tarian ini dikemas dengan pakem Tari Bali meliputi Pepeson, Pengawak dan Pekaad yang diiringi dengan gamelan Bebarongan atau Gong Kebyar meliputi tabuh Gilak Petopengan, Goak Macok dengan Pengadeng, Ngintip Jangkrik dan Omang. "Tentu dengan segala latihan yang terus dioptimalkan kami berharap dapat memberikan yang terbaik untuk Kota Denpasar," pungkasnya. *mis

Komentar