nusabali

Waspada Potensi Gelombang Capai 3 Meter di Perairan Selatan Bali

  • www.nusabali.com-waspada-potensi-gelombang-capai-3-meter-di-perairan-selatan-bali

MANGUPURA, NusaBali
Kondisi perairan Selatan Bali, secara umum masih berkisar 2 meter atau lebih. Bahkan dalam beberapa hari terakhir ada kecenderungan kondisinya bisa kembali meningkat mencapai 3 meter.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan memperhatikan informasi resmi dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar.

Prakirawan BBMKG Wilayah III Denpasar Putu Agus Deddy Permana, mengatakan peningkatan gelombang di perairan Selatan Bali memang tidaklah signifikan dan masih dalam katagori sedang. Kalau dilihat dari trend dalam beberapa hari belakangan ini, tinggi gelombang masih relatif mirip. Namun, pada Selasa (8/6) hari ini, diakuinya akan terjadi sedikit peningkatan gelombang di perairan Selatan Bali, yang diperkirakan mencapai 3 meter.

“Jadi peningkatan ini dipengaruhi oleh masih adanya swell atau alun (sebuah gelombang yang memanjang dan bergulung-gulung, Red) yang berasal dari perairan barat Australia. Di wilayah Selatan Indonesia sendiri memiliki wilayah areal perairan yang sangat luas. Hal itu akan berpotensi meningkatkan ketinggian gelombang di Selatan Bali akan cenderung tinggi,” terangnya.

Sementara terkait cuaca, dari pengamatan BBMKG Wilayah III Denpasar, dalam beberapa hari terakhir menunjukan kondisinya masih cerah berawan. Namun, masih ada sedikit potensi hujan di beberapa tempat daerah Bali. Dalam dua hari ke depan, cuaca masih cenderung cerah berawan, tapi masih ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Bali bagian barat, tengah, timur, dan utara. “Kalau potensi hujan memang masih ada. Tapi, masih kategori ringan,” kata Permana.

Diakuinya saat ini sebagian besar wilayah Bali, memang sudah memasuki musim kemarau. Tetapi hal itu tidak lantas berarti membuat potensi hujan hilang sama sekali. Sebab, di wilayah Bali pada saat memasuki musim kemarau masih terdapat potensi hujan ringan, tetapi tidak sebanyak musim lainnya.

“Saat ini sebagian besar wilayah Bali sudah memasuki musim kemarau. Suhu muka laut di sekitar wilayah Bali berkisar 26-30 derajat celcius. Angin pada umumnya bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan berkisar 6-30 km/jam,” terangnya. *dar

Komentar