nusabali

PWI Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara Kunjungi NusaBali

Sharing Informasi Soal Pengelolaan Media di Tengah Pandemi

  • www.nusabali.com-pwi-kota-tebing-tinggi-sumatera-utara-kunjungi-nusabali

DENPASAR, NusaBali
Belasan jurnalis dari sejumlah media yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berkunjung ke Kantor Harian Umum NusaBali di Jalan Hayam Wuruk No 110 Denpasar, Senin (7/6) pukul 13.00 Wita.

Mereka berkesempatan kunjungi NusaBali di sela kegiatan studi tour (Kunjungan Kerja) PWI Kota Tebing Tinggi di Provinsi Bali pada 6-11 Juni 2021.  Ketua PWI Kota Tebing Tinggi, Abdullah Sani Hasibuan mengatakan kunjungan mereka ke Provinsi Bali dalam rangka studi banding pengelolaan media di era digital dan tengah pandemi Covid-19. “Kami ingin belajar sekaligus tukar informasi, soal pengelolaan media sehingga bisa tetap eksis walau di tengah pandemi,” ujar Abdullah Sani yang kemarin didampingi Ketua PWI Provinsi Bali IGMB Dwikora Putra dan diterima Pemimpin Umum NusaBali I Gde Muliarsana, Pemred NusaBali I Ketut Naria dan jajaran redaksi.

Sementara Kabid Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tebing Tinggi, Iswan Suhendri mengatakan selain soal pengelolaan media, pihaknya juga ingin mengetahui soal fenomena media online yang menjamur. Kondisi ini sering menyulitkan pihaknya saat hendak menjalin kerjasama dengan media-media tersebut.

Terkait ini Ketua PWI Bali, IGMB Dwikora Putra mengatakan fenomena media di era digital saat ini memang dihadapkan pada kemunculan banyaknya media cyber atau online, sementara di sisi lain media cetak jumlahnya stagnan. Namun pihak pemerintah tak perlu risau, sebab semuanya sudah ada rambu-rambunya. “Selama media tersebut memiliki badan hukum pers, ada penanggung jawab yang kantongi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) utama, medianya terdaftar dan terverifikasi di Dewan Pers dan wartawannya sebagian sudah kompeten, tak jadi masalah,” katanya.

Pemred NusaBali, Ketut Naria mengatakan persaingan media saat ini bukan hanya di antara media konvensional (cetak, online, televisi, radio dan lainnya), tapi juga terkait hadirnya media sosial. “Untuk itu, media konvensional, khususnya media cetak harus selalu tampil prima dan membuat dirinya jadi kebutuhan bagi pembaca atau masyarakat,” katanya. Bagaimana caranya, yakni dengan menghadirkan konten berita bermutu dan mendalam yang tak didapatkan pembaca di platform media lainnya.

“Di Harian Umum NusaBali hal ini yang selalu kita pegang sehingga bisa tetap bertahan di tengah persaingan media dan bahkan saat pandemi Covid-19 sekarang,” ungkap Ketut Naria. Sedangkan PU NusaBali, I Gde Muliarsana menyatakan terimakasihnya kepada rombongan PWI Kota Tebing Tinggi yang menyempatkan hadir ke Bali di tengah sepinya pariwisata Bali saat ini. “Sekecil apapun ini merupakan kontribusi rekan-rekan semua untuk ikut memulihkan pariwisata Bali,” ujarnya. Selain melakukan kunjungan ke Harian Umum NusaBali, rombongan PWI Kota Tebing Tinggi juga berkunjung ke PWI Provinsi Bali, lakukan peninjuaan ke lokasi pengerajin UMKM di Kabupaten Badung dan agenda lainnya. *sur

Komentar