nusabali

PPDB, Gianyar Siapkan 160 Rombel SMPN

  • www.nusabali.com-ppdb-gianyar-siapkan-160-rombel-smpn

GIANYAR, NusaBali
SMPN di Gianyar mengusulkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021-2022 mencapai 160 rombel (rombongan belajar) atau kelas. PPDB tahun ajaran 2021-2022 ini masih menggunakan mekanisme dan mengacu pada juknis tahun ajaran 2020-2021.


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra, Senin (7/6). "Juknis PPDB SMPN di Gianyar tahun ajaran ini tidak beda jauh dengan tahun sebelumnya," ujarnya.

Kepala dinas yang balian atau perdukunan ini menjelaskan pendaftaran PPDB jenjang SMPN di Gianyar, yakni melalui jalur siswa tidak mampu (miskin), prestasi, afirmasi, dan zonasi. PPDB tetap mengacu pada juknis tahun lalu dimana sistem pendaftaran melalui WA dan  goggle form. Pelaksanaan PPDB menyesuaikan kemampuan dan kondisi masing-masing sekolah, namun tetap secara daring. "Tujuannya, agar tidak terjadi kerumunan," ucap pejabat asal Kecamatan Nusa Penida, Klungkung ini.

Jelas dia, tahun 2021, jumlah siswa lulus SD di Gianyar sebanyak 7.953 siswa. Sementara jumlah SMPN di Gianyar yang akan melaksanakan PPDB 25 sekolah, tersebar di 7 kecamatan se-Kabupaten Gianyar. Disdik mengusulkan  PPDB SMPN 160 rombel. Setiap rombel menampung 36 siswa.

Sadra menyampaikan jika diperhitungkan 160 rombel (kapasitas 36 siswa) SMPN di Gianyar akan mampu menampung 5.760 siswa (lulusan SD), maka sisa 2.193 siswa. Terkait sisa siswa SD yang belum tertampung di SMPN, Disdik akan menambah kapasitas rombel SMPN dari kapasitas 36 siswa per rombel menjadi 40 siswa perombel. "Penambahan kapasitas per rombel dan dikolaborasi dengan SMP swasta, maka semua lulusan SD di Gianyar akan tertampung,’’ jelasnya.

Katya Sadra, saat ini Disdik sedang menyebarkan format blanko pendaftaran bagi siswa SD yang lulus melalui sekolah masing-masing. Pelaksanaan pendaftaran PPDB SMPN akan dilakukan setelah pengumuman kelulusan siswa SD. *nvi

Komentar