nusabali

Pegawai Dinas PUPR Karangasem Tewas Tertimpa Pohon

  • www.nusabali.com-pegawai-dinas-pupr-karangasem-tewas-tertimpa-pohon

AMLAPURA, NusaBali
Tenaga harian lepas Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karangasem, I Ketut Sumantra, 61, tewas mengenaskan, Senin (7/6) pagi pukul 08.30 Wita.

Pegawai berusia 61 tahun ini tewas tertimpa pohon dapdap roboh saat tengah bekerja membersihkan saluran irigasi di Selokan Yeh Jinah kawasan Banjar Manggaan, Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Informasi di lapangan, pagi itu korban I Ketut Sumantra (asal Banjar Bujaga, Desa Nongan, Kecamatan Rendang) bekerja membersihkan aliran irigasi bersama dua rekannya sesama buruh harian lepas Bidang SDA Dinas PUPR Karangasem. Mereka masing-masing Pande Komang Suarna, 56 (asal Banjar Pande, Desa Nongan, Kecamatan Rendang) dan I Gede Puja, 55 (asal Banjar Bencingah, Desa/Kecamatan Rendang).

Korban Ketut Sumantra saat itu bersih-bersih berdampingan dengan I Gede Puja. Kemudian, mereka menemukan pohon dapdap berdiameter sekitar 0,5 meter yang kondisinya telah lapuk. Selanjutnya, korban menarik bagian ranting pohon dapdap itu dari atas saluran irigasi pada ketinggian sekitar 4 meter.

Naas, ternyata ranting pohon dapdap yang rantingnya ditarik tersebut langsung roboh menimpa korban. Walhasil, pria berusia 61 tahun ini pun tertindih batang pohon roboh hingga nyemplung ke saluran air irigasi sedalam 1,5 meter.

Menyaksikan peristiwa naas tersebut, saksi Gede Puja langsung berupaya menyelamatkan korban Ketut Sumantra dengan mengangkat batang pohon dapdap yang menindihnya. Namun, karena batang pohon roboh cukup berat, sehingga memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk mengangkatnya. Kemudian, korban Ketut Sumantra dievakuasi, lalu dilarikan ke Puskesmas Rendang. Namun sayang, nyawanya tidak tertolong. Korban tertimpa pohon roboh ini dinyatakan sudah tewas saat hendak dibawa ke Puskesmas, karena terlalu lama tenggelam.

Hal ini juga diakui Gede Puja, rekan korban sesama buruh harian lepas Bidang SDA Dinas PUPR Karangasem. Menurut Gede Puja, kejadiannya begitu cepat. "Begitu terdengar suara pohon roboh, saya langsung ke lokasi TKP. Ternyata, Pak Ketut Sumantra (korban) telah tertindih pohon roboh dan tenggelam di kedalaman 1,5 meter,” ungkap Gede Puja.

Sedangkan Kapolsek Rendang, Kompol I Made Sudartawan, mengatakan saat la-porannya masuk, korban tertimpa pohon sudah dalam keadaan meninggal. “Korban telah dievakuasi dalam keadaan tak bernyawa. Ini kurang hati-hati saat bekerja," ungkap Kompol Sudartawan.

Korban Ketut Sumantra sendiri berpulang buat selamanya dengan meninggalkan seorang istri dan satu anak. Hingga kemarin siang, jenazah korban masih disemayamkan di rumah duka kawasan Banjar Bujaga, Desa Nongan, Kecamatan Rendang. Pihak keluarga masih rembuk soal upacara pemakaman jenazah pegawai harian lepas Dinas PUPR Karangasem ini. *k16

Komentar