nusabali

Wajib Ngotot Penuh Energi

Duel Indonesia vs Vietnam, Selasa Dinihari

  • www.nusabali.com-wajib-ngotot-penuh-energi

Kami mempunyai daya juang tinggi. Jadi kami berusaha untuk mendapatkan poin dengan kerja keras dan penampilan yang maksimal di atas lapangan. Kami yakin mampu meraih hasil itu.

DUBAI, NusaBali
Timnas senior Indonesia akan menjalani laga melawan Vietnam, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, di Stadion Al Maktoum, Selasa (8/6) dinihari, pukul 00.45 WITA. Pelatih Timnas Shin Tae-yong terus mencari kesalahan saat timnya mengimbangi Thailand 2-2. Kesalahan yang dimaksud bukan untuk menghakimi para pemain, tapi mengevaluasi permainan Timnas Indonesia.

"Kami masih mengevaluasi, mencari kekurangan yang terjadi di pertandingan melawan Thailand. Jadi ini yang kami fokuskan untuk laga berikutnya," kata Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

Shin Tae-yong tidak pun menggeber para pemainnya secara berlebihan dalam sesi latihan. Sebab, dia ingin kondisi Evan Dimas dkk prima saat lawan Vietnam. Menurutnya, dalam turnamen ini timnya harus mengumpulkan energi. Otomatis porsi latihan pun harus diturunkan lebih sedikit.

Shin juga memberikan para pemainnya waktu istirahat yang cukup dalam persiapan menyambut laga lawan Vietnam. Tak ada latihan berat seperti biasa diterapkan dalam Pemusatan Latihan (TC). Hal itu sesuai periodisasi latihan, yakni keras saat TC, intensitas diturunkan menjelang pertandingan.

"Setelah mengumpulkan energi (istirahat dari pagi hingga siang) pemain kembali mengeluarkan energi itu saat latihan," demikian kata Shin Tae-yong.

Sementara gelandang Timnas Kadek Agung Widnyana mengatakan, Timnas akan meladeni permainan ngotot Vietnam dengan daya juang dan semangat tinggi. Menurutnya, Skuad Garuda sedang dalam tren positif setelah mengimbangi Thailand 2-2.

"Kami mempunyai daya juang tinggi. Jadi kami berusaha untuk mendapatkan poin dengan kerja keras dan penampilan yang maksimal di atas lapangan, kami bisa meraih hasil itu," kata Kadek Agung, juga di laman PSSI.

"Vietnam lawan berikutnya. Saya kira, mereka akan tampil ngotot. Namun, kami juga memiliki daya juang dan semangat yang tinggi sesudah meraih satu poin melawan Thailand," kata pemain 22 tahun itu.

"Ini akan menjadi modal. Saya berharap bisa terus tampil baik dan teman-teman saya semakin kompak untuk dapat meraih tiga poin melawan Vietnam," kata pemain yang dipromosikan ke Timnas senior itu.

Kadek Agung sedang on fire saat ini. Gelandang Bali United itu menjadi pencetak satu dari dua gol Timnas ke gawang Thailand. Shin Tae-yong, juga memercayakan Kadek Agung sebagai tulang punggung di lini tengah, dengan ditandemkan bersama Syahrian Abimanyu.

Namun, di Timnas Indonesia, Kadek Agung tidak memainkan peran seperti biasanya. Alumnus Timnas Indonesia U-22 itu diplot sebagai gelandang jangkar, alih-alih gelandang serang, posisi aslinya selama ini.

Satu poin pertama Indonesia saat imbang 2-2 lawan Thailand dinilai menjadi modal berharga menghadapi Vietnam, yang kini memimpin klasemen Grup G. Vietnam meraih 11 poin dari 5 laga, hasil 3 kali menang dan 2 kali imbang. Sedangkan Indonesia di posisi terbawah dengan 1 poin.

Dari catatan 11v11, Indonesia vs Vietnam sudah 24 kali bertanding di semua ajang. Hasilnya, 9 Indonesia menang, 9 imbang, dan 6 kali kalah. Salah satu kekalahan Indonesia di pertemuan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 15 Oktober 2019, Indonesia kalah 1-3.

Dalam 10 pertemuan terakhir, Indonesia vs Vietnam berjalan sengit. Indonesia menang 2 kali, Vietnam menang 2 kali, dan 6 lainnya selesai imbang.*

Komentar